Selain dimasak utuh, ikan juga diolah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya pempek. Berikut ini cara memilih dan mengolah ikan untuk pempek.

Ada banyak jenis olahan ikan dalam kuliner nusantara, salah satunya adalah pempek. Makanan yang berasal dari Palembang ini mempunyai rasa yang kenyal dengan kuah cuko asam pedas dan bikin nagih. Bahan dasar pempek adalah ikan dan tepung, namun ikan yang digunakan bukanlah sembarang ikan. Berikut ini adalah beberapa cara memilih dan mengolah ikan sebagai bahan dasar pempek.

1/ Memilih Jenis Ikan

Ada banyak jenis ikan yang biasa digunakan untuk pempek misalnya ikan tenggiri, kakap putih, dan ikan gabus. Jenis ikan yang digunakan untuk pempek sebenarnya adalah ikan yang dagingnya berwarna putih sehingga pempek bisa cantik. Kalau ingin pempek yang rasanya ‘ikan banget’ ENDEUSiast bisa piih ikan kakap. Kalau ingin pempek dengan kandungan protein atau albumin yang tinggi, bisa memilih ikan gabus namun ikan ini aromanya kurang kuat. Selain itu, ikan tenggiri juga bisa digunakan untuk pempek namun harganya cukup mahal. Jenis ikan lain yang bisa digunakan untuk pempek adalah ikan dori yang juga berwarna putih.

2/ Pilih Ikan yang Segar

Salah satu kunci kelezatan pempek terletak pada ikan yang digunakan. Ikan untuk pempek haruslah ikan yang segar. Gunakan ikan yang segar di pasar tradisional dan langsung disiangi dan digiling. Harga ikan segar memang sedikit lebih mahal daripada ikan beku, namun rasanya lebih lezat.

3/ Menghaluskan Ikan

Bila membuat pempek dalam jumlah banyak, ENDEUSiast bisa menggiling ikan di tempat penggilingan. Namun bila jumlah ikan hanya sedikit, ENDEUSiast bisa menggunakan blender atau food processor. Agar lebih proses penggilingan ikan lebih mudah, potong ikan menjadi ukuran kecil sehingga hasilnya bisa lebih halus. Giling daging tanpa menggunakan air, namun gunakan es batu untuk menjaga suhu daging sehingga pempek bisa tetap kenyal.

4/ Membuat Adonan Pempek

Sama seperti membuat bakso , takaran untuk adonan pempek juga harus pas agar pempek bisa kenyal. Uleni adonan hingga kalis atau tidak lengket ditangan namun jangan sampai terlalu kalis agar pempek tidak keras.

Langkah terakhir membuat pempek adalah merebus dan menggoreng adonan. Sebelum mulai membentuk pempek, siapkan terlebih dahulu air mendidih dengan diberi sedikit minyak goreng. Setelah dibentuk, langsung rebus adonan dengan api sedang hingga pempek mengembang. Untuk pempek yang diberi isi seperti pempek kapal selam, proses merebus bisa sedikit lebih lama agar isiannya bisa matang. Untuk pempek adaan dan kulit, adonan yang sudah direbus bisa langsung digoreng. Sajikan pempek yang sudah matang dengan bahan pelengkap dan juga kuah cuko.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.