Begini Cara Memasak Kepiting dengan Benar
Begini Cara Memasak Kepiting dengan Benar

Begini Cara Memasak Kepiting dengan Benar

Memasak kepiting bisa jadi pilihan menu yang unik dan tidak membosankan. Selain lezat, kepiting juga bergizi dan banyak manfaatnya.

Terdapat beberapa tips tentang cara memasak kepiting supaya rasanya enak dan tidak amis. Yuk, simak di sini.

Kepiting adalah salah satu seafood yang sangat diminati oleh orang-orang. Harga masakan kepiting di berbagai restoran cukup mahal sehingga banyak yang ingin memasak kepiting di rumah. Lalu, apa yang harus diperhatikan supaya menghasilkan masakan kepiting yang dapat dinikmati seluruh keluarga? Mungkin ENDEUSiast yang baru pertama kali memasak kepiting bertanya-tanya dan takut gagal.

Jangan takut, ENDEUSiast bisa ikuti langkah-langkahnya di sini, ya:

1/ Memilih Kepiting

Iwan Bedjo Sulaiman, seorang Chef di gerai The Holy Crab menjelaskan bahwa proses memasak kepiting dimulai dari proses pemilihan kepiting hingga cara pengolahannya. Terdapat tiga jenis kepiting yaitu life (kepiting yang masih hidup) , fresh (kepiting yang sudah mati tapi masih segar) dan frozen (kepiting yang dibekukan) .

Usahakan pilih sendiri kepiting yang hendak ENDEUSiast beli dan pilihlah kepiting yang masih hidup karena sudah jelas terjamin kesegarannya. ENDEUSiast juga harus memperhatikan bagian-bagian tubuh dari kepiting seperti mata, badan dan bagian lainnya.

Jika ENDEUSiast memilih kepiting yang masih hidup dari tangki, pilih yang masih aktif bergerak, ya. Apabila memilih kepiting yang telah disiapkan di pasar, pilih yang masih bergerak bila disentuh.

Hal ini penting dilakukan, sebab memilih kepiting yang sudah tidak segar bisa buruk untuk kesehatan.

2/ Membersihkan Kepiting

Untuk membersihkan kepiting, ENDEUSiast bisa mulai dengan menusuk perutnya dan biarkan sampai kepiting tidak bisa bergerak lagi. Cara ini akan memudahkan ENDEUSiast untuk mengolahnya nanti.

Agar kepiting tidak berbau amis , ENDEUSiast bisa membersihkan bagian pantat kepiting. Buang lendirnya hingga benar-benar bersih.

ENDEUSiast mesti memastikan kepiting sudah mati. Untuk itu, cobalah untuk merendamnya di dalam air hangat, kurang lebih satu atau dua menit. Buang beberapa bagian yang tidak diperlukan atau tidak dimakan. Contohnya adalah bagian matanya. Jangan merendam kepiting terlalu lama, ya, karena justru bisa memicu bakteri

Bersihkan dahulu seluruh bagian tubuh dan kaki kepiting dengan air yang dicampur dengan cuka. ENDEUSiast juga bisa menyikat cangkangnya hingga kotoran kepiting menghilang. Setelah itu, bilas kepiting dengan air mengalir.

3/ Rebus Kepiting

Setelah membersihkan kepiting, langkah selanjutnya adalah merebus kepiting. Siapkan panci besar, lalu isi dengan air. Didihkan, lalu masukkan kepiting. ENDEUSiast bisa merebusnya selama kurang lebih 13 – 15 menit.

Jika ENDEUSiast selesai merebus kepiting, bisa segera mengangkatnya dan memotongnya sesuai selera agar lebih mudah untuk dimakan, ya.

4/ Memasak Kepiting

Setelah cangkang kepiting memuai usai direbus, ENDEUSiast bisa segera memasak kepiting sesuai selera. ENDEUSiast bisa memasak kepiting dengan saus asam manis, saus padang, saus tiram, hingga saus lada hitam.

Selain itu, ENDEUSiast bisa melihat resep-resep di ENDEUS.tv berikut ini:

Resep Kepiting Saus Lada Hitam

Resep Sup Jagung Kepiting

Resep Nasi Goreng Kepiting

ENDEUSiast bebas berkreasi, namun harus ENDEUSiast ingat bahwa ENDEUSiast hendaknya tidak mencampurkan bahan kimia saat membuat bumbu atau saus untuk kepiting.

Beberapa orang kerap mengkhawatirkan kolesterol ketika berhadapan dengan masakan kepiting. Mereka khawatir jika mengonsumsi kepiting, kolesterol dalam tubuh akan naik. Oleh sebab itu, banyak orang yang menghindari olahan kepiting. Padahal, di balik kekhawatiran tentang kepiting yang memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, kepiting memiliki banyak manfaat, loh.

Kepiting mengandung protein yang tinggi, Vitamin B 12, sodium, asam lemak omega 3, tembaga, selenium, mineral, dan fosfor yang sangat baik bagi tubuh. Berbagai kandungan gizi yang terdapat pada daging kepiting mampu meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan tulang, menyembuhkan peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan mental hingga dapat memaksimalkan proses detoks dalam tubuh.

Menyantap olahan kepiting tidak selalu membawa dampak negatif, ternyata masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daging kepiting. Yuk jangan ragu berkreasi dengan kepiting.

Endeustorial

Ikuti Instagram