Memasak kepiting bisa jadi pilihan menu yang unik dan tidak membosankan untuk buka puasa. Selain lezat, kepiting juga bergizi dan banyak manfaatnya.

Kepiting adalah salah satu seafood yang sangat diminati oleh orang-orang. Harga masakan kepiting di berbagai restoran cukup mahal sehingga banyak yang ingin memasak kepiting di rumah. Lalu, apa yang harus diperhatikan supaya menghasilkan masakan kepiting yang dapat dinikmati seluruh keluarga? Mungkin ENDEUSiast yang baru pertama kali memasak kepiting bertanya-tanya dan takut gagal.

Terdapat beberapa tips tentang cara mengolah kepiting sebelum dimasak. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus ENDEUSiast perhatikan :

1/ Memilih Kepiting

Iwan Bedjo Sulaiman, seorang Chef di gerai The Holy Crab menjelaskan bahwa proses memasak kepiting dimulai dari proses pemilihan kepiting hingga cara pengolahannya. Terdapat tiga jenis kepiting yaitu life (kepiting yang masih hidup) , fresh (kepiting yang sudah mati tapi masih segar) dan frozen (kepiting yang dibekukan) .

Usahakan pilih sendiri kepiting yang hendak ENDEUSiast beli dan pilihlah kepiting yang masih hidup karena sudah jelas terjamin kesegarannya. ENDEUSiast juga harus memperhatikan bagian-bagian tubuh dari kepiting seperti mata, badan dan bagian lainnya.

2/ Membersihkan Kepiting

Untuk membersihkan kepiting, ENDEUSiast bisa mulai dengan menusuk perutnya dan biarkan sampai kepiting tidak bisa bergerak lagi. Cara ini akan memudahkan ENDEUSiast untuk mengolahnya nanti.

3/ Rebus Kepiting

Setelah membersihkan kepiting, langkah selanjutnya adalah merebus kepiting. ENDEUSiast bisa merebusnya selaka kurang lebih 13 – 15 menit.

4/ Memasak Kepiting

Setelah cangkang kepiting memuai usai direbus, ENDEUSiast bisa segera memasak kepiting sesuai selera. Mungkin ENDEUSiast ingin memasak kepiting dengan saus asam manis, saus padang, saus tiram, dsb. ENDEUSiast bebas berkreasi, namun harus ENDEUSiast ingat bahwa ENDEUSiast hendaknya tidak mencampurkan bahan kimia saat membuat bumbu atau saus untuk kepiting.

Beberapa orang kerap mengkhawatirkan kolesterol ketika berhadapan dengan masakan kepiting. Mereka khawatir jika mengonsumsi kepiting, kolesterol dalam tubuh akan naik. Oleh sebab itu, banyak orang yang menghindari olahan kepiting. Padahal, di balik kekhawatiran tentang kepiting yang memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh, kepiting memiliki banyak manfaat, loh.

Kepiting mengandung protein yang tinggi, Vitamin B 12, sodium, asam lemak omega 3, tembaga, selenium, mineral, dan fosfor yang sangat baik bagi tubuh. Berbagai kandungan gizi yang terdapat pada daging kepiting mampu meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan tulang, menyembuhkan peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan mental hingga dapat memaksimalkan proses detoks dalam tubuh.

Menyantap olahan kepiting tidak selalu membawa dampak negatif, ternyata masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daging kepiting. Yuk jangan ragu berkreasi dengan kepiting.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.