Begini Cara Memasak Ikan Agar Tidak Meletus dan Lengket
Begini Cara Memasak Ikan Agar Tidak Meletus dan Lengket

Ketahui cara memasak ikan yang baik agar tidak ada tragedi ikan meletus atau lengket di wajan.

Ketahui cara memasak ikan yang baik agar tidak ada tragedi ikan meletus atau lengket di wajan.

Ikan goreng adalah salah satu olahan ikan yang paling mudah. Meskipun mudah, namun ternyata ada banyak orang yang tidak suka menggoreng ikan. Hal ini karena ketika menggoreng ikan, minyak bisa meletus ataupun ikan lengket di wajan. Dua hal ini memang sangat menjengkelkan, bahkan cipratan minyak panas bisa saja melukai bila terkena kulit. Berikut ini beberapa tips menggoreng ikan agar tidak meletus ataupun lengket di wajan.

1/ Pilih Ikan yang Tepat

Kalau ENDEUSiast ingin menggoreng ikan, pastikan bila ENDEUSiast hanya menggunakan ikan yang segar saja. Selain rasanya kurang sedap, ikan yang kurang segar mudah rapuh ketika digoreng. Hal ini akan menyebabkan bentuk ikan tidak bagus dan bahkan bisa hancur. Agar menggoreng ikan lebih mudah, ENDEUSiast bisa menggunakan ikan yang berukuran lebih kecil dan tidak banyak lemak. Ikan yang tidak banyak lemak akan menghasilkan ikan goreng yang krispi diluar dan lembut didalam.

2/ Keringkan Ikan Terlebih Dahulu

Salah satu kesalahan ketika menggoreng ikan adalah langsung menggorengnya dalam keadaan basah. Padahal air dari ikan akan membuat suhu minyak menjadi turun. Hal ini akan membuat ikan lebih menyerap ikan dan rasanya kurang lezat. ENDEUSiast bisa mengelap ikan dengan tisu untuk mengurangi kadar airnya. Kalau sudah terlanjur merendam ikan dengan bumbu marinasi, ENDEUSiast bisa meniriskan ikan terlebih dahulu sebelum menggorengnya.

3/ Panaskan Wajan Sebelum Menggoreng Ikan

Kebiasaan sebagian besar orang ketika memanaskan minyak adalah menuangkan minyak ketika wajan dalam keadaan dingin dan kemudian baru memanaskan minyak. Padahal cara ini akan mempengaruhi hasil bahan makanan yang digoreng. Agar ikan tidak lengket ketika digoreng, ENDEUSiast bisa memanaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuang minyak dan tunggu sebentar hingga minyak panas.

Selain cara memanaskan minyak, suhu panas untuk menggoreng ikan juga harus tepat. Suhu minyak yang panas tinggi akan membuat ikan bertekstur renyah. Salah satu cara melihat apakah minyak sudah panas adalah dengan mencelupkan sendok kayu kedalam minyak. Kalua muncul gelembung, berarti minyak sudah panas.

4/ Goreng Ikan dengan Minyak Banyak

Untuk mencegah ikan lengket di wajan ketika digoreng adalah dengan menggunakan minyak yang banyak. Menggoreng ikan dengan minyak banyak akan membuat ikan mengapung dan tidak menyentuh dasar wajan. Sehingga ikan tidak akan lengket dan bentuknya akan tetap bagus sempurna.

5/ Jangan Membolak-Balik Ikan

Salah satu faktor yang membuat bentuk ikan kurang bagus adalah jangan terlalu sering membolak-balik ikan. Sebelum satu bagian ikan kering sempurna, biasanya ikan akan hancur ketika dibalik karena teksturnya yang belum kokoh.

Endeustorial

Ikuti Instagram