Apakah kopi hijau lebih baik dari kopi hitam yang biasa ENDEUSiast minum? ENDEUSiast wajib tahu semua informasinya disini!

Kopi hijau atau green coffee saat ini sedang menjadi trend, terutama di kalangan masyarakat modern. Banyak café yang menyajikan sajian kopi hijau sebagai menu utama.

Banyak orang percaya bila kopi hijau mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dibandingkan dengan kopi hitam. Sebenarnya, apa saja yang membedakan kopi hitam biasa dengan kopi hijau? Berikut penjelasannya.

1/ Kadar kafein

Salah satu yang membedakan kopi hitam dan kopi hijau adalah kadar kafeinnya. Kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan sehingga warnanya tetap hijau. Proses ini juga mempengaruhi kadar kafein pada kopi hijau yang lebih sedikit dibanding dengan kopi hitam biasa. Hal ini disebabkan karena kadar kafein muncul sebagai hasil dari proses pemanggangan kopi.

2/ Kandungan pada biji kopi

Biji kopi yang tidak dipanggang atau kopi hijau masih mengandung polifenol dan asam klorogenat. Senyawa ini juga terdapat pada teh hijau dan ekstrak biji anggur. Meskipun secara umum kandungan pada kopi hijau dan kopi biasa sama, yaitu sama-sama mengandung antioksidan, namun kandungan asam klorogenat bisa rusak ketika pemanggangan biji kopi. Padahal senyawa klorogenat ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme hati serta pembakaran lemak. Pada kopi hijau, kandungan ini masih ada dan tidak rusak karena kopi hijau tidak dipanggang.

3/ Manfaat biji kopi

Salah satu perbedaan mendasar antara kopi hijau dan kopi hitam biasa adalah kandungan zat klorogenat. Zat ini bermanfaat untuk memperlambat penyerapan lemak dalam tubuh, sehingga membantu proses penurunan berat badan. Selain itu, kopi hijau juga membantu menjaga kandungan gula dalam tubuh serta menjaga tekanan darah agar seimbang.

4/ Mana yang lebih baik?

Semua kopi yang dipanggang pada dasarnya mempunyai kandungan kafein yang sama banyak. Pada secangkir kopi biasanya terkandung 100 mg kafein. Namun pada kopi hijau, kandungan kafeinnya hanya 14-60 ml per cangkirnya. Kalau ENDEUSiast termasuk yang tidak tahan dengan minuman berkafein tinggi, kopi hijau jelas pilihan yang lebih baik.

Namun, bagi sebagian besar orang masalah kopi adalah masalah selera. Ada orang yang memang minum kopi untuk mendapatkan asupan kafein yang tinggi. Selain itu, kondisi tubuh setiap orang juga berbeda sehingga ENDEUSiast perlu mempertimbangkan kesehatan ENDEUSiast.

Apapun jenis kopinya, yang paling penting adalah konsumsi dengan wajar dan tidak berlebihan. Kopi hijau dengan segudang manfaatnya tidak akan memberikan manfaat bila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, ENDEUSiast bisa mengolah kopi menjadi berbagai macam minuman ataupun makanan sesuai dengan selera. ENDEUSiast bisa mengkreasikan kopi hitam biasa ataupun kopi hijau dengan bahan lain seperti susu dan krim agar rasa kopi sesuai dengan selera.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.