Resep masakan Indonesia yang lezat dibuat menggunakan banyak bumbu dan rempah rahasia khas Indonesia. itulah yang menjadi kunci utamanya.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa resep masakan Indonesia menggunakan bumbu dan rempah yang merupakan khas Indonesia. Masakan Indonesia yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah misalnya soto ayam lamongan , sate Madura atau rendang. Sebenarnya ada manfaat lain dari rempah-rempah yaitu sering digunakan sebagai bahan pengobatan. Jadi bila ENDEUSiast mengalami sakit tertentu bisa membuat obat tradisional menggunakan rempah-rempah.

Jika melihat dari sejarah, Indonesia yang kaya akan rempah-rempah inilah yang membuat bangsa Eropa menjajah Indonesia. Kini, rempah-rempah Indonesia sudah terkenal hampir diseluruh dunia. Mau tau apa saja bumbu rahasia dibalik kelezatan masakan Indonesia? simak daftar di bawah ini.

1/ Serai

Bagi ENDEUSiast yang sering masak pasti sudah tidak asing dengan rempah yang satu ini. Namanya adalah serai atau dalam bahasa inggrisnya disebut lemon grass. Hampir semua masakan menggunakan serai karena rempah ini memang memberikan rasa yang sedap disetiap masakan.

Fakta lainnya dari serai adalah selain bisa digunakan untuk bumbu masakan juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pengusir nyamuk. ENDEUSiast cukup letakkan saja beberapa batang serai di sudut rumah, dijamin tidak akan ada nyamuk yang datang. Kandungan sitronela pada serai itulah yang membuat nyamuk tidak suka.

2/ Jahe

Jahe atau dalam bahasa inggrisnya disebut dengan ginger ini merupakan salah satu jenis rempah yang memberikan rasa sedikit pedas pada masakan. Rempah yang satu ini juga sering dijadikan sebagai minuman yang bisa untuk menghangatkan tubuh. Bagi para ibu hamil juga bisa mengkonsumsi minuman jahe untuk mengurangi rasa mual.

3/ Kunyit

Kalau ENDEUSiast pernah masak opor ayam atau apapun makanan yang berwarna kuning, pasti tau rempah yang bernama kunyit. Kunyit memang digunakan sebagai pewarna makanan alami yang menghasilkan warna kuning di setiap masakan. Di sisi lain dalam pengobatan, kunyit bermanfaat untuk mengobati perut kembung.

4/ Lada

Lada berfungsi untuk memberikan rasa pedas pada masakan. rempah yang satu ini bisa ENDEUSiast gunakan sebagai pengganti cabai. Rasa pedasnya memang tidak seperti cabai tetapi setidaknya lada bisa membantu untuk menghasilkan rasa pedas. Di Indonesia, daerah yang menjadi penghasil utama lada berada di Bangka dan Lampung. Sama seperti jahe, lada juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta mengobati penyakit influenza.

Kita sebagai orang Indonesia tentu harus bangga karena memiliki banyak bumbu dan rempah yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. ENDEUSiast bisa memasak masakan apa saja sesuai kreasi dengan menggunakan rempah-rempah diatas. Semoga artikel ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang rempah-rempah Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.