Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Permen untuk sajian di kala Hari Raya Lebaran? Kenapa nggak?

Ketika bulan Ramadan nanti akan usai, tak ada salahnya menyiapkan aneka sajian saat hari kemenangan tiba. Biasanya, selain ketupat dan opor, berbagai kue kering akan menghiasi meja tamu. Buat sesuatu yang beda dengan menyediakan hidangan manis, seperti permen.

Permen turut disajikan saat lebaran, sebab selain rasanya manis tentu disukai anak-anak dan bisa juga menjadi camilan ketika ngobrol bareng pada saat perut udah kenyang dengan ketupat.

Siapa sih yang nggak suka sama permen? Permen merupakan sebuah makanan ringan yang berbahan dasar seperti gula yang biasanya dicampur dengan buah atau susu. Tetapi ada juga berbagai jenis permen yang diolah menggunakan bahan-bahan pengawet dan pemanis lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa jenis permen yang diolah menggunakan bahan alami dan bebas pengawet. Tentunya juga tetap manis dan yang pasti menghasilkan rasa yang khas dong! Kita juga bisa mencoba membuatnya di rumah secara langsung karena bahannya mudah ditemui di sekitar kita.

1. Permen jeli kering

Tentu, siapa yang nggak tau tentang permen yang melegenda ini? Warna-warni yang cantik dari permen ini pasti akan menarik mata banyak orang untuk mencobanya. Selain itu, tak salah lagi bahan dasar pembuatan permen ini berasal dari jeli atau agar-agar. Serta dicampur menggunakan beberapa buah-buahan agar tampak segar dan manis. Tentunya karena berasal dari agar-agar dan buah, permen ini baik untuk pencernaan karena seratnya.

2. Permen rumput laut

Siapa sangka jika rumput laut ternyata juga bisa dijadikan permen lho! Bahkan, kadar gizi yang terkandung di dalamnya lebih tinggi dari yang lainnya. Teksturnya pun unik, bagian luarnya terlihat kering, namun bagian dalamnya sangat empuk dan lembut. Agar lebih menarik, kita biasa memberi topping di bagian atasnya menggunakan taburan gula putih. Bingung cara buatnya? Coba aja resep membuat permen rumput laut berikut ini yang sangat mudah dan praktis.

3. Permen jahe

Tidak hanya permen jeli aja yang terkenal, melainkan permen jahe ini juga digemari banyak orang. Rasanya itu sangat tradisional. Tapi jangan salah, meski pun bahan utamanya terbuat dari jahe, rasanya juga manis dan menghangatkan tenggorokan.

Karena menggunakan jahe jadi memiliki beberapa khasiat untuk tubuh kita. Misalnya saja untuk meredakan sakit tenggorokan, sakit kepala, mual, mabuk kendaraan, flu, dan juga batuk.

4. Permen asam jawa

Bahan dapur lainnya yang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat permen yaitu asam jawa. Di dalamnya terkandung beberapa vitamin. Seperti vitamin A, C, dan B1 yang dapat meredakan sariawan, batuk, demam, dan sakit perut. Zat gizi lainnya yang terdapat dalam permen ini yaitu kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Maka, nggak ada salahnya buat menjadikannya sajian menu Lebaran di rumah bukan?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya