Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Cake Tres Leches merupakan kue yang tradisional Meksiko yang sangat terkenal. Kue ini ternyata memiliki fakta unik yang wajib anda ketahui.

Apakah ENDEUSiast pencinta cake? Jangan pernah mengaku pecinta cake jika belum pernah mencoba tres leches cake! Tres Leches cake cocok bagi anda yang menyukai susu karena cake ini terbuat dari sponge cake yang direndam ke dalam tiga jenis susu. Meksiko merupakan negara yang kaya akan kuliner nya seperti lumpia meksiko , taco, naco dan beberapa makanan lainnya.

Tres leches merupakan cake tradisional yang berasal dari Meksiko. Cake yang satu ini termasuk ke dalam butter cake dengan ciri khas tekstur yang lembut dan moist. Dengan tekstur dan rasa yang dimilikinya tersebut, tres leches bisa dikenal oleh berbagai masyarakat di dunia. Di balik kelezatan tres leches cake, terdapat fakta-fakta unik yang harus ENDEUSiast ketahui. Berikut ini merupakan fakta-fakta unik mengenai tres leches cake.

1/ Namanya diambil dari proses pembuatan

Nama tres leches ternyata memiliki arti dan terinspirasi dari proses pembuatan kue. Tres merupakan kata yang berasal dari bahasa Spanyol yang berarti tiga. Tiga memiliki arti tersendiri dalam proses pembuatan tres leches cake. Dalam proses pembuatan cake ini, terdapat tiga susu yang digunakan yaitu susu evaporasi, susu kental manis, dan full cream. Ketiga susu tersebut membuat tekstur tres leches lembut tapi lembap, berbeda dengan cake lainnya yang cenderung lembut namun ringan.

2/ Memiliki berbagai nama lain

Resep tres leches sudah tersebar dan dikenal oleh berbagai masyarakat di dunia. Oleh sebab itu tres leches memiliki nama lain seperti milk bath cake atau three milk cake. Nama-nama tersebut diberikan karena terdapat tiga susu untuk membuat kue ini.

3/ Sudah ada sejak tahun 1930

Asal mula tres leches cake berasal dari masyarakat Eropa yang memiliki resep cake yang hampir sama dengan tres leches pada abad ke 19. Pada saat itu masyarakat Eropa membuat cake dengan cara meredamnya menggunakan wine, keju, gula, dan heavy cream. Sampai sekarang belum diketahui mengapa mereka merendam menggunakan bahan-bahan tersebut.

Pada tahun 1930-an, berdirilah suatu pabrik susu yang sangat terkenal di Meksiko. Sejak saat itu, proses sponge cake direndam menggunakan tiga jenis susu. Ternyata kue yang direndam menggunakan tiga jenis susu sangat disukai oleh penduduk Meksiko karena rasanya yang lebih lezat.

4/ Disajikan menggunakan topping buah-buahan yang segar

Terdapat dua jenis lapisan topping pada tres leaches cake yaitu lapisan pertama adalah whipped cream dan yang kedua adalah buah. Akan tetapi saat ini sudah banyak variasi topping tres leaches cake seperti keju dan cokelat. Sebenarnya alasan mengapa topping tres leaches cake adalah buah karena cake ini terbuat dari tiga jenis susu sehingga memiliki rasa yang manis. Buah berfungsi untuk memberikan kesegaran pada kue ini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.