Mengapa keduanya tidak bisa dibilang sama ya?

"

Sama-sama berbentuk bundar, memiliki komposisi daging yang banyak, dan tentunya disukai oleh banyak orang, menjadikan kedua sajian ini populer di banyak negara.

Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang mencolok loh!

Di Indonesia sendiri, Bakso dipercaya merupakan santapan yang berasal dari negara Tirai Bambu. Dalam halaman wikipedia, turut dijelaskan juga jika penamaan Bakso, berasal dari bahasa Hokkien yang berarti bak-so (daging cincang). Bakso tampil dalam hidangan one dish meal (sajian yang didalamnya terdapat protein, karbohidrat, dan serat dalam satu penyajian)

Walaupun penamaan ‘ Bak ’ merujuk pada daging babi menurut bahasa aslinya, Bakso di Indonesia telah mengalami perubahan dengan penggantian bahan baku berupa daging sapi ataupun ayam, yang dicampur dengan tepung, dan beberapa bumbu, yang lalu diaduk hingga solid dan bisa dibentuk (biasanya berbentuk bulat).

Bakso dimasak dengan cara direbus hingga matang dan kenyal, lalu diguyur dengan hangatnya kuah kaldu. Supaya lebih mengenyangkan, bakso turut ditambahkan pelengkap berupa mie, bihun, dan sayuran. Tidak lupa ditambahkan sambal dan kecap, hingga dirasa sesuai dengan selera penikmatnya.

Bakso memiliki tekstur yang kenyal saat dikunyah. Permukaannya halus dan licin dibandingkan dengan Meatballs .

Meatballs sendiri lebih populer di negara barat. Meatballs dibuat dari campuran daging giling yang diberi beberapa bumbu dan rempah, serta ditambahkan bahan pengikat seperti tepung roti atau telur dengan jumlah yang tidak banyak, agar dapat dibentuk bulat menyerupai bola ( ball ).

Proses pemasakannya juga jauh lebih ‘kaya’ dibandingkan hidangan bakso, seperti panggang, kukus, hingga goreng.

Sebagai pelengkap, Meatballs biasa disajikan dengan spaghetti , kentang yang dimasak berbagai olahan, hingga guyuran kaldu yang dikentalkan dan biasa disebut gravy.

Jadi, mana yang paling disuka?

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.