Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Varian bakso begitu banyak di nusantara. Sementara itu varian penyajiannya pun beragam. Seperti bakso aci yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia

Bakso memiliki varian yang beragam. Ada bakso yang terbuat dari daging sapi, daging ayam, ikan, dan udang. Bahkan ada varian bakso yang terbuat dari tempe, jamur, atau tahu khusus bagi vegan. Tiap daerah di indonesia pun memiliki penyajian bakso yang berbeda-beda. Agar tahu bakso khas daerah, ENDEUSiast bisa membaca artikelnya di sini .

Bakso yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda adalah bakso aci atau baso aci. Sajian bakso ini berasal dari garut, jawa barat. Bakso aci memiliki keunikan sendiri dibandingkan bakso lainnya. Mencicipi masakan khas sunda ini memberikan sensasi baru makan bakso. Pantas saja ya bakso aci begitu digandrungi.

Mau tahu apa saja keunikan bakso aci. Yuk kita simak ulasannya.

1/ Bakso aci tidak menggunakan daging

Bakso umumnya dibuat dari daging yang sudah digiling dengan tepung aci atau tepung tapioka sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dengan cita rasa daging yang kental. Berbeda dengan bakso pada umumnya, bakso aci tidak menggunakan daging dalam proses pembuatannya.

Bakso aci hanya menggunakan tepung kaji yang dalam bahasa sunda disebut aci. Oleh karena itulah, bakso ini dinamakan bakso aci.

2/ Kuah bercita rasa asam

Bakso pada umumnya memiliki cita rasa yang gurih dengan kuah kaldu yang membangkitkan selera makan. Bakso aci memiliki keunikan sendiri pada kuahnya. Bakso aci memiliki kuah dengan cita rasa yang agak asam. Hal ini karena penyajiannya menggunakan jeruk nipis. Tentu kuah bakso aci membuat kita yang menyantapnya jadi segar.

3/ Menggunakan pilus

Bakso kuah sangat nikmat disajikan bersama mie kuning, mie putih, dan juga sayuran. Namun, jika ENDEUSiast menikmati bakso aci, ENDEUSiast akan mendapatkan sensasi yang berbeda. Di dalam semangkuk bakso aci, ENDEUSiast tidak akan menemunkan sayuran. Sebagi gantinya, terdapat pilus yang menjadi penyedap bakso aci. Tekstur pilus yang krenyes-krenyes ini membuat bakso aci memiliki menyajikan varian tekstur yang bermacam-macam.

4/ Toping variasi

Bakso aci menyajikan toping yang sangat bervariasi. Dalam satu porsi bakso aci, ENDEUSiast akan mendapatkan toping bakso aci, pilus, tetelan, dan cuanki. Namun, jika ENDEUSiast ingin mencoba toping yang berbeda, ENDEUSiast bisa memilih ceker, bakso biasa, bakso mercon, cireng, bahkan cilok. Banyak banget, kan? Varian toping yang ditawarkan bakso aci siap memanjakan lidahmu.

Bakso aci paling enak disantap ketika masih panas. Bagi ENDEUSiast penyuka rasa pedas, tambahan bubuk cabai juga akan menjadikan rasa bakso aci semakin menggugah. Jangan lupa siapkan segelas air untuk menetralkan rasa pedasnya ya. Selamat mencicipi!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.