Bakmi jawa merupakan makanan khas yang wajib ENDEUSiast coba jika berkunjung di Yogyakarta. Bakmi ini dijamin membuat ENDEUSiast ketagihan!

Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata, baik pengunjung dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu yang menjadi alasan mengapa Yogyakarta menjadi tujuan wisata yaitu karena memiliki wisata alam dan kuliner yang akan memanjakan liburan ENDEUSiast. Salah satu kuliner yang terkenal adalah bakmi jawa.

Bakmi merupakan makanan yang terkenal, sehingga banyak beraneka macam bakmi seperti bakmi kepiting , bakmi celor dan sebagainya. Jika dilihat sekilas, bakmi jawa terlihat seperti bakmi pada umumnya. Namun jika dilihat lebih dekat dan dimakan pasti akan membuat ENDEUSiast ketagihan.

Bakmi jawa merupakan bakmi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas jawa. Bumbu-bumbu tersebut membuat bakmi ini memiliki aroma yang sedap serta rasanya menyegarkan karena bumbu rempah-rempahnya digiling halus.

Bakmi jawa adalah masakan tradisional, sehingga cara memasaknya pun masih tradisional. Pedagang masih menggunakan tungku berbahan tanah liat dan bahan bakar untuk memasak masih menggunakan arang. Makanan yang dimasak menggunakan bahan bakar arang, yang tentunya akan memiliki rasa berbeda dari makanan yang dimasak menggunakan kompor gas.

Cara memasak bakmi jawa pun unik. Pendagang bakmi jawa hanya akan memasak satu porsi untuk sekali memasak. Hal ini dilakukan supaya bumbu-bumbu lebih meresap ke dalam bakmi dan supaya jumlah bumbu yang digunakan untuk memasak bakmi pas, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit.

Oleh sebab itu jika ENDEUSiast yang ingin mencoba bakmi jawa ENDEUSiast harus lebih bersabar. Akan tetapi ENDEUSiast tidak perlu cemas. Waktu menunggu ENDEUSiast tidak akan sia-sia karena rasa bakmi jawa sangatlah enak.

Yang menjadi ciri khas dari bakmi ini adalah pelengkap yang digunakan untuk membuat bakmi jawa. Di dalam hidangan ini, terdapat bahan lain yang ditambahkan yaitu ayam kampung dan telur bebek. Rasa ayam kampung tentunya lebih enak dan lebih gurih daripada ayam boiler. Tekstur ayam yang sedikit kenyal dipadukan dengan bakmi yang lembutnya tentunya akan menjadikan bakmi jawa ini semakin nikmat.

Rasa telur bebek tentu juga berbeda dengan telur ayam. Telur bebek memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang lebih gurih dibanding telur ayam. Selain daging ayam kampung dan telur bebek, terdapat pelengkap lain dalam hidangan ini yaitu potongan kol, seledri, sawi hijau, dan daun bawang.

Terdapat 2 jenis bakmi di dalam bakmi jawa, yaitu bakmi kuning dan bakmi putih. Sesuai dengan namanya, bakmi kuning berwarna kuning dan bakmi putih berwarna putih. Bakmi kuning memiliki ukuran diameter yang lebih besar dibanding bakmi putih. Bakmi kuning memiliki tekstur yang lembut. Bakmi putih memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan jika dimakan terasa lebih licin daripada bakmi kuning. Dalam penyajian bakmi jawa pun terdapat dua jenis yaitu bakmi godhok atau bakmi kuah dan bakmi goreng.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.