Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Resep kolak biasanya menggunakan santan, namun kita bisa menggantinya dengan bahan lain jika nggak ingin menggunakan santan.

Santan adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan untuk masakan Indonesia termasuk untuk makanan manis seperti kolak. Hampir setiap resep kolak pasti menggunakan santan sebagai bahan utamanya.

Meskipun santan terbuat dari kelapa, namun ternyata konsumsi berlebihan bisa menjadi pemicu timbulnya lemak dan kolesterol tinggi dalam tubuh. Nggak heran bila banyak orang yang mencari alternatif pengganti santan untuk berbagai masakan sebagai upaya mengurangi asupan lemak tubuh.

Selain memberikan rasa yang gurih, santan juga memberikan kekentalan pada kuah masakan. Agar lebih sehat, santan juga bisa diganti dengan bahan lain dengan rasa yang nggak kalah enaknya.

1. Susu

Susu cair adalah salah satu bahan yang bisa menggantikan santan dalam masakan. Namun nggak semua susu bisa digunakan untuk memasak ya. Hanya susu sapi murni dan tanpa perasa yang bisa digunakan untuk masakan. Susu ini mempunyai rasa yang gurih seperti santan. Penggunaan susu untuk masakan juga uudah cukup umum seperti pada soto betawi. Sama halnya dengan santan, penambahan susu untuk masakan juga harus diperhatikan. Misalnya semua santan diganti dengan susu atau menambahkan setengah bagian susu dan setengah bagian santan.

2. Susu evaporasi

Sekilas kemasan susu evaporasi ini mirip dengan kental manis. Namun dari segi komposisi sangat berbeda seperti proses pembuatan, nutrisi, komposisi, dan juga cita rasa susu. Susu evaporasi adalah susu sapi murni yang sudah dihilangkan kadar airnya hingga 60% sehingga lebih awet. Rasa susu evaporasi ini tawar dan gurih meski tanpa penambahan gula. Susu evaporasi bisa ditambahkan pada resep kolak, es buah, es cincau, dan sebagainya sebagai pengganti santan.

3. Heavy cream

Salah satu bahan untuk mengganti santan adalah dengan mencampur heavy cream atau krim kental dengan air kelapa murni. Kita bisa memblender krim kental dengan air kelapa murni dengan perbandingan tertentu sebagai pengganti santan. Heavy cream dengan air kelapa ini juga disebut dengan santan artificial yang cocok digunakan sebagai pengganti santan untuk bolu, semprit, dan sebagainya.

4. Yogurt

Di banyak negara, yogurt digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Tentu saja yogurt yang digunakan adalah yogurt plain atau tanpa rasa, bisa juga menggunakan Greek yogurt. Yogurt bisa digunakan sebagai pengganti santan karena teksturnya yang kental dan lembut. Untuk mendapatkan santan pengganti, kita bisa memblender yogurt dengan air agar rasa asamnya berkurang.

5. Susu dari kacang-kacangan

Selain susu sapi, susu dari kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif pengganti santan seperti susu kedelai, susu almond, susu mete, dan sejenisnya. Susu dari kacang-kacangan ini cocok bagi kita yang alergi dengan susu sapi namun juga menghindari penggunaan santan berlebih. Meskipun begitu, susu dari kacang-kacangan juga nggak boleh digunakan secara berlebihan karena mengandung kalori yang juga tinggi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya