Bakso adalah hidangan favorit sejuta umat. Bagi ENDEUSiast yang mengaku pecinta bakso, apakah tahu kalau bakso bisa dibuat selain menggunakan daging?

Apa hidangan favoritmu? Mungkin bakso menjadi salah satunya. Wajar saja, karena bakso adalah hidangan yang memiliki rasa gurih dan kenyal lengkap dengan kuah kaldu yang gurih. Bakso akan lebih nikmat jika disantap dengan tambahan kecap dan sambal.

Bahan pembuatan bakso biasanya berupa daging sapi yang dibentuk bulat-bulat dan nantinya direbus. Sebenarnya banyak sekali bahan lain yang bisa diolah menjadi bakso. Bahkan rasanya pun tak kalah lezat lho.

Udang

Banyak sekali olahan udang, seperti udang asam manis, udah goreng tepung, dan sebagainya. Namun, jika ingin mengolah udang dengan cara yang berbeda, cobalah mengolahnya menjadi bakso. Untuk membuat bakso udang, dibutuhkan dua jenis daging udang, yakni kasar dan halus. Dengan dua daging ini, bakso akan tetap memiliki rasa udang yang khas tanpa menghilangkan tekstur udangnya. Agar bakso tidak amis dan rasanya enak, pilih udang yang benar-benar fresh dan berikan tambahan bumbu, seperti bawang putih, putih telur, dan tepung sagu. Setelah tercampur rata bentuk adonan menjadi bulat dan rebus dengan api kecil hingga mengapung.

Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri identik dengan siomay dan pempek. Padahal, hidangan yang bisa dihasilkan dari ikan tenggiri tak hanya itu, namun bisa juga ikan tenggiri diolah menjadi bakso. Sebenarnya bakso ikan tenggiri sangat mudah ditemukan di daerah Sumatera Selatan. Masyarakat Sumatera Selatan sudah biasa mengolah bakso ikan tenggiri dengan warna putih bersih.

Ayam

Ayam biasanya diolah menjadi lauk seperti ayam goreng, ayam bacem, dan hidangan lain. Bagi yang ingin membuat bakso murah, daging ayam bisa dijadikan solusi untuk mengkonsumsi bakso tanpa daging sapi. Sepintas warna daging ayam tidak berbeda dengan daging sapi, namun tekstur daging ayam sendiri lebih keras jika dibandingkan daging sapi. Biasanya bagian dada ayam akan diolah menjadi bakso.

Miripnya daging ayam dengan daging sapi tak jarang membuat daging ayam digunakan sebagai campuran daging sapi untuk membuat bakso dengan takaran 70% daging sapi dan 30% daging ayam. Selain menghemat biaya produksi, daging ayam juga berguna agar bakso tidak lembek

Soun

Soun mungkin identik sebagai campuran soto atau diolah menjadi sup, namun pernahkan terbayang mengolah soun menjadi bakso? Rasanya tak kalah lezat lho. Namanya bakso Lo Hua. Mungkin asing bagi Endeusiast ya,namun hidangan ini adalah hidangan khas oriental yang juga biasa disebut dengan bakso rambutan.

Bakso Lo Hua tak hanya dibuat menggunakan soun saja,namun soun akan dicampur bersama daging ayam dan udang yang dicincang halus. Jangan lupa tambahan wortel dan jamur kupingnya untuk memperkaya kandungan gizi. Sajikan bersama kuah kaldu ayam

Dari sajian bakso di atas yang mana favoritmu? ENDEUSiast tim bakso mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.