Bagian Daging Untuk Dibuat Steik
Bagian Daging Untuk Dibuat Steik

Bagian Daging Untuk Dibuat Steik

Hindari steik sapi alot dengan tips memilih potongan daging steik yang tepat

Rencana merayakan hari raya dengan sajian premium dan mudah steik sapi jadi pilihan utama. Steik hanya membutuhkan waktu memasak yang tidak terlalu lama. Kuncinya terletak pada lama merendam daging dalam bumbu dan potongan daging. Tak semua potongan daging sapi cocok untuk metode masak dibakar. Oleh karena itu ENDEUSiast perlu jeli memilih bagian daging sapi yang cocok untuk daging steik seperti dibawah ini.

1/ Sirloin

Sirloin atau has luar biasanya ditemukan di bawah tulang iga, dekat dengan pinggul sapi. Sirloin ini mempunyai lapisan lemak yang menyelimuti bagian sekitar daging. Lemak ini membuat daging sirloin menjadi lebih juicy dan gurih.

2/Tenderloin

Tenderloin adalah bagian daging sapi yang diambil di bagian dalam belakang badan sapi dan dekat dengan ekor. Tenderloin ini biasanya disebut dengan daging sapi has dalam. Sesuai namanya, daging ini mempunyai tekstur yang tender atau empuk. Kadar lemak yang rendah dan juga tidak mempunyai otot. Karena teksturnya yang empuk, daging tenderloin ini menjadi primadona bagi pecinta steik ataupun mereka yang sedang diet.

3/Striploin

Striploin juga disebut sebagai dengan New York Strip adalah bagian daging sapi yang dekat dengan tenderloin . Salah satu ciri khas striploin adalah lapisan lemak yang melapisi salah satu sisi bagian potongan daging.

4/T-Bone

T-bone adalah potongan daging steik dengan tulang yang berbentuk T pada bagian tengah daging. Dalam satu potongan daging T-bone terdapat dua jenis daging yang berbeda. Pada satu sisi merupakan daging tenderloin sedangkan sisi yang lain merupakan striploin . Perpaduan dua jenis bagian daging yang berbeda ini membuat rasa daging T-bone menjadi lebih gurih, lembut, dan sedap.

5/Rib Eye

Rib eye adalah bagian daging sapi yang diambil dari bagian tulang rusuk atau rib . Beberapa orang menyebut daging rib eye ini dengan sebutan Scotch Fillet . Bagian daging sapi ini mengandung banyak lemak yang membuat daging terasa lebih juicy dan sedap. Selain itu, lelehan lemak ketika steik dipanggang akan membuat penampilan daging menjadi basah dan nampak lezat. Selain itu, rib eye ini biasanya disajikan dalam potongan besar.

Endeustorial

Ikuti Instagram