Sayangnya, ada yang ingin pergi tetapi karena sedang menurunkan berat badan jadi ragu, ataupun ada yang pergi tapi tak menikmati acara secara penuh.

Semakin aktif seseorang dalam lingkup pergaulan, maka semakin banyak pula undangan jamuan makan yang didapat. Entah dari kolega, teman sepermainan, keluarga, hingga rekan bisnis. Sebagai rekan ataupun sahabat, ajang ini tentu tak boleh dilewatkan. Sekali terlewat, bisa jadi hubungan yang terjalin akan sedikit terganggu.

Sayangnya, ada yang ingin pergi tetapi karena sedang menurunkan berat badan, maka ragu-ragu untuk menghadiri undangan tersebut. Ada yang pergi tetapi tak menikmati acara secara penuh.

Bisa jadi karena takut makan, takut lemak, atau lain-lain. Ada pula yang sangat tertarik untuk pergi karena semangat ingin menyantap segala hidangan yang tersedia, sehingga pura-pura lupa kalau sedang mengurangi asupan kalori .

Apapun alasan Geng Sehat untuk pergi, jelas risiko kalap makan akan senantiasa menghantui. Supaya berat badan tidak bertambah banyak atau dengan kata lain kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan, Kamu tentu harus memiliki strategi saat menghadiri jamuan makan. Apa saja? Inilah beberapa strateginya, cekidot !

1. Pilihlah Menu dengan Dominan Sayuran dan Buah-buahan

Selama menghadiri jamuan makan, entah acara teman, keluarga, pernikahan, ataupun event perusahaan, awali dengan mengonsumsi olahan sayuran serta beberapa potong buah sebagai menu pembuka.

Biasanya, buah-buahan yang dihidangkan tak cuma satu alias beragam. Buah yang paling sering disajikan adalah semangka, jeruk, melon, dan pepaya. Untuk sayur-sayuran, yang sering kali disajikan adalah sayuran hijau untuk dijadikan salad. Ingat, ambil sayuran dan buah secukupnya ya, jangan khilaf mengambil banyak-banyak tetapi tak dihabiskan. Sayang, kan?

2. Batasi Minuman yang Masuk ke Tubuh

Sekalipun dalam jamuan makan tersedia banyak pilihan minuman, mulai dari minuman soda , beralkohol, hingga yang manis-manis dan berwarna, ingatlah untuk mengabaikannya dan memilih air putih saja.

Minuman yang berwarna tingkat kalorinya cukup tinggi, sehingga mengakibatkan kenaikan berat badan. Kalaupun terpaksa, Kamu dapat mengganti air putih dengan jus atau infused water .

3. Fokus Memilih Menu yang Kaya akan Protein

Pahamilah bahwa dalam berdiet itu bukan cuma perkara tak makan. Kamu bisa kok makan makanan enak. Namun, pilihlah menu makanan yang tinggi protein, seperti ikan, susu, telur, ataupun ayam. Itu adalah sumber protein harian. Masa Kamu mau lemas terus sepanjang acara? Harus ada sumber energinya dong biar bisa beraktivitas dan semangat.

4. Makan dengan Perlahan

Meski ini jamuan makan, etika tetap harus dijaga. Apapun menu makanan yang diambil (menu yang sehat ya pastinya!), harus dinikmati secara perlahan. Jangan mentang-mentang makannya sedikit lantas jadi terburu-buru. Jika buru-buru, makanan yang dimakan tak akan tercerna dengan baik. Jadi, makan dengan perlahan ya, Gengs!

5. Antisipasi dengan Snack Bar

Snack bar mungkin bisa menjadi solusi bagi Kamu yang tak dapat menahan diri kala melirik ragam makanan yang tersedia di undangan jamuan makan. Beberapa snack bar berbahan dasar kedelai, yang tinggi protein dan kaya akan serat. Jadi, sebelum ke lokasi acara ada baiknya mampir dulu ke minimarket untuk berburu snack bar, oke?

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.