Salah satu permasalahan yang terlihat sepele namun seringkali dikeluhkan saat sedang menjalani puasa di bulan Ramadhan adalah bau mulut.

Salah satu permasalahan yang terlihat sepele namun seringkali dikeluhkan oleh kebanyakan orang saat sedang menjalani puasa di bulan Ramadhan adalah bau mulut. Penyebab utama munculnya bau mulut ketika puasa adalah kondisi mulut yang kering.

Saat puasa, kita memang tidak diperbolehkan untuk minum selama kurang lebih 13 jam setiap harinya. Pada saat mulut kering inilah, otomatis produksi air liur dalam mulut pun juga akan berkurang. Padahal, air liur berfungsi menetralisir asam yang dihasilkan dari plak serta menghilangkan sel-sel mati yang terkumpul pada lidah, gusi, dan pipi. Sel-sel mati yang dibiarkan inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya bau tidak sedap pada mulut.

Selain karena kurangnya produksi air liur, ada beberapa hal lain yang dapat memicu timbulnya bau mulut saat puasa, seperti faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan juga kebersihan saat menyikat gigi. Makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur akan dicerna dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah, termasuk ke paru-paru. Nah, jika pada saat sahur Kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma menyengat, maka bisa saja napasmu akan menjadi berbau kurang sedap.

Nah, supaya rasa percaya dirimu tidak menurun, karena bau mulut yang tidak sedap, berikut tips yang dapat Kamu lakukan.

Bersihkan mulut secara menyeluruh, termasuk bagian lidah dan juga gigi. Kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan plak dan sisa makanan. Gosoklah gigi minimal selama 2 menit dan lakukan setelah makan sahur dan sebelum tidur malam.

Selain itu, gunakan juga benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi. Tidak hanya gigi, Kamu juga bisa menjaga kebersihan mulut dengan cara membersihkan lidah. Gunakanlah alat pembersih lidah khusus yang banyak dijual di pasaran atau yang biasanya sudah tersedia langsung pada bagian belakang sikat gigi.

Kurangi kebiasaan merokok, terutama saat sahur. Tembakau yang terkandung dalam rokok sangat berpotensi menimbulkan bau tidak sedap pada mulut. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko timbulnya masalah pada gusi yang kemudian menjadi penyebab bau mulut.

Perbanyak konsumsi air putih saat sahur. Hal ini bertujuan agar mulut tidak terlalu kering saat waktu puasa tiba.

Cermati makanan yang Kamu konsumsi. Hindari konsumsi makanan yang berbau menyengat terutama pada saat sahur.

Meski terlihat sepele, namun bau mulut tentu akan membuat Kamu tidak nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Masa iya sih sudah puasa enggak makan dan minum, harus puasa ngomong juga. Hehe.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.