Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Linu atau pegal badan adalah konsekuensi yang lumrah terjadi saat ENDEUSiast melakukan perjalanan mudik

Pertanyaan:

Sebentar lagi musim mudik tiba. Membayangkan bertemu keluarga sudah terbayang sama halnya rasa capek di perjalanan nanti. Adakah kiat untuk mengatasi rasa pegal usai perjalanan mudik?

Jawaban:

Setuju enggak kalau ada yang mengatakan, rasa capek yang dirasakan oleh pemudik selama menempuh perjalanan jauh, langsung lenyap seketika saat tiba di kampung halaman dan bertemu sanak keluarga?

Secara psikologis, hal ini mungkin memang benar. Namun untuk menghalau rasa lelah di area kaki dan sekujur tubuh, tetap dibutuhkan kiat-kiat tertentu. Pasalnya, linu atau pegal badan adalah konsekuensi yang lumrah terjadi saat Kamu melakukan perjalanan mudik.

Pakar kesehatan pun menjelaskan, duduk di kendaraan selama berjam-jam bisa mencetus rasa kejang dan kekakuan otot , terutama di otot punggung bagian bawah. Apalagi, jika Kamu yang memiliki kondisi lemah sendi . Pegal linu ini pun beragam, mulai dari nyeri ringan, sedang, hingga nyeri otot yang intens. Karena itu, dibutuhkan penanganan yang tepat untuk meredakannya agar otot-otot tubuh yang menegang, kembali luwes dan tidak kaku. Kamu bisa mencegahnya dengan beberapa cara, seperti:

Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

Cari posisi duduk yang santai dan tidak kaku

Tidur sejenak untuk mengistirahatkan tubuh yang pegal.

Membekali perjalanan mudik dengan hiburan seru.

Sediakan krim atau spray pereda pegal linu.

Nah selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan kecukupan nutrisi dengan Membawa air minum yang cukup untuk dikonsumsi di perjalanan. Tubuh yang terasa kaku dan pegal, sering dikaitkan dengan dehidrasi. Karenanya, sering rajin-rajin minum air putih selama di perjalanan ya!

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi makanan kaya magnesium. Rupanya, makanan yang mengandung magnesium, ampuh untuk mengobati kejang otot dan nyeri sendi, lho. Jadi, coba deh, meracik olahan lokal yang kaya akan magnesium, setibanya Kamu di kampung halaman. Tak perlu susah-susah, magnesium bisa dengan mudah Kamu temukan dalam bayam, labu, kacang hitam, biji bunga matahari, biji wijen, kacang almond, kacang mete, hingga bubuk coklat. Seru kan? Menikmati santapan sehat, berbonus reda nyeri pegal linu.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.