Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Siapa bilang mencuci piring itu nggak ada aturannya? Selain aturan, ada juga urutannya yang baik dan benar.

Kegiatan mencuci piring memang nggak seasyik ketika memasak dan menyantap makanannya. Tapi kegiatan mencuci piring suka nggak suka harus dilakukan untuk bisa masak dan makan lagi nantinya.

Nah, ternyata mencuci piring dan perabotan masak itu nggak bisa asal. Ada aturan dan urutannya loh agar peralatan masak dan peralatan makan awet nggak berbau. Ini merupakan hal yang penting yang perlu diketahui oleh siapapun, bukan cuma yang suka masak aja. Penasaran apa aja? Yuk simak selengkapnya.

Buang sisa makanan

Jika masih ada sisa makanan, sebaiknya dibuang terlebih dahulu ke tempat sampah. Hal ini juga bisa menghindari bau di tempat mencuci piring.

Rendam peralatan makan

Sebelum mulai dicuci, sebaiknya peralatan makan dan peralatan masak direndam terlebih dahulu degan sabun cuci piring. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda ataupun lemak yang menempel. Sehingga ketika mencucinya akan lebih mudah.

Cuci gelas terlebih dahulu

Baru masuk ke dalam tahap pencucian. Urutan pertama yang harus dicuci duluan adalah gelas atau cangkir. Kenapa? Untuk menghindari lemak dan kotoran yang membandel itu ikut menempel di gelas.

Cuci peralatan makan

Setelah gelas, saatnya sekarang mencuci peralatan makannya. Di tahap ini mencuci sendok, garpu, atau apapun yang menjadi peralatan makanmu. Seperti gelas, peralatan makan juga yang bersentuhan langsung dengan mulut. Jadi ada baiknya yang diutamakan ketika dicucinya.

Piring

Sekarang saatnya mencuci piring. Selain piring, di tahap ini juga bisa mencuci wadah makanan berbarengan dengannya. Seperti misalnya mangkuk untuk sayur, wadah untuk sop, dan lain sebagainya.

Peralatan masak

Yang terakhir dicuci adalah peralatan masak seperti wajan, panci, teflon, spatula dan lain sebagainya. Kenapa? Karena ini yang merupakan bagian paling kotor dari semuanya. Karena hal tersebut, jadinya dicuci paling akhir.

Alasan dari urutan mencuci tersebut di atas juga agar sponge atau alat cuci piring yang biasa kita gunakan nggak kotor ketika mencuci selanjutnya (gelas, piring, dll).

Nggak mau kan begitu ingin mencuci gelas tapi sponge udah kotor duluan karena abis mencuci peralatan masak di awal? Makanya urutan ini juga wajib diketahui semua orang loh. Selamat dipraktekan ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.