Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tidak sekedar menaruh mangkuk di atas panci!

"

Anda familiar dengan au bain marie ? Teknik yang berasal dari bahasa Perancis ini kerap juga disebut teknik water bath. Teknik yang berarti memasak dalam rendaman air ini, memang sudah lama hadir dalam dunia baking .

Terdapat dua jenis au bain marie yang sering kita temukan, yakni panggang (seperti dalam pembuatan creme brulee , atau rebus seperti dalam melelehkan cokelat. Nah, jika Anda sering melakukan teknik ini dalam proses melelehkan cokelat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan poin-poin berikut:

1/ Gunakan Wadah yang Mudah Menghantarkan Panas

Cokelat dalam wadah yang mudah menghantar panas (mangkuk kaca tahan panas atau aluminium), akan lebih cepat mencair tanpa terlalu panas. Jangan lupa untuk memotong-motong atau serut cokelat agar menjadi serpihan kecil sebelum dilelehkan.

2/ Air - Musuh Cokelat No. 1

Selalu perhatikan kebersihan wadah atau peralatan yang bersentuhan dengan cokelat, agar cokelat tidak terkena cairan yang bisa membuat cokelat mati dan menggumpal. JIka jumlah air yang masuk ke dalam cokelat hanya sedikit, atasi dengan menambahkan sedikit minyak sayur ke dalam wadah berisi cokelat. Teruskan mengaduk hingga cokelat kembali cair.

3/ Jaga Nyala Api

Setelah mengisi air hingga setengah penuh di dalam panci, panaskan air hingga setengah mendidih. Api yang terlalu besar akan menyebabkan panci terlalu cepat panas dan membuat cokelat hangus.

Jika melelehkan cokelat putih atau berwarna, api yang digunakan harus lebih kecil. Cukup lelehkan cokelat hingga setengah proses, angkat dari panci dan aduk rata.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.