Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ternyata kacang-kacangan termasuk makanan yang baik dan dianjurkan untuk penderita diabetes. Pasalnya, kacang bisa membantu mencegah berbagai penyakit

Kacang-kacangan termasuk makanan yang baik dan dianjurkan untuk penderita diabetes. Pasalnya, kacang bisa membantu mencegah penyakit jantung, mengontrol gula darah, dan bahkan menjaga berat badan sehat.

Jadi, kalau Kamu mencari camilan yang aman untuk penderita diabetes, pilihlah kacang. Menurut ahli, kacang adalah camilan yang tepat untuk penderita diabetes karena rendah karbohidrat, tinggi kandungan protein dan serat, serta mengandung lemak sehat. Berikut penjelasan lengkapnya, seperti yang dilansir dari Everyday Health!

Lemak Sehat ada di Kacang

kandungan lemak pada kacang adalah lemak sehat, yaitu asam lemak monounsaturated dan polyunsaturated yang membantu menstabilisasi gula darah. Lemak sehat ini ditemukan pada hampir semua jenis kacang. Misalnya saja, sebuah penelitian menunjukkan bahwa almond membantu memperlambat gula darah saat dikonsumsi dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Selain itu, lemak sehat di kacang juga menjaga kesehatan jantung . Hal ini penting karena penderita diabetes memiliki risiko yang tinggi meninggal akibat penyakit jantung. Lemak di dalam kacang memang bisa menurunkan kolesterol jahat LDL. Namun secara bersamaan, kacang juga meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Kolesterol baik HDL berperan mencegah penumpukan plak di arteri.

Tidak hanya itu, menurut penelitian jurnal PLoS One pada September 2014, penderita diabetes bisa mengonsumsi 3 kacang secara rutin untuk mengendalikan kadar gula darah.

Tapi Ingat, Makan Kacang Tetap Harus Dikontrol

Meskipun kacang adalah pilihan makanan sehat tetapi tidak bisa dikonsumsi secara terus menerus oleh penderita diabetes. Hal ini karena kacang memiliki kandungan kalori tinggi. Jadi, mengonsumsi terlalu banyak kacang bisa meningkatkan berat badan. Oleh sebab itu, ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kacang dengan batasan porsi 1 ons saja sekali makan.

Proses pengolahan kacang juga memengaruhi kualitas nutrisinya. Hindari kacang yang sudah ditaburi garam, karena sodium tidak baik untuk tekanan darah . Jangan pula mengonsumsi kacang yang dilapisi gula atau pemanis lainnya. Kacang yang dilapisi pemanis seperti coklat dan madu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Oleh sebab itu, penderita diabetes perlu menghindarinya.

Pilihan terbaik adalah mengonsumsi kacang mentah atau kacang panggang kering tanpa perasa apapun. Sementara itu untuk jenis kacangnya, berikut empat jenis kacang terbaik untuk penderita diabetes:

1. Walnut

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Diabetes, Obesity & Metabolism pada Juli 2017, walnut dapat memberikan efek kekenyangan, sehingga mencegah rasa lapar yang berlebihan. Penelitian lain dari The Journal of Nutrition pada April 2013 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi walnut memiliki risiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Kandungan serat, protein, dan lemak sehat di dalam walnut dapat mengontrol rasa lapar dan kadar gula darah.

Walnut juga kaya akan asam alpha-lipoic (ALA) yang bisa meredakan inflamasi. Hal ini penting karena inflamasi juga sangat berkaitan dengan diabetes dan kondisi kesehatan lainnya, seperti penyakit Alzheimer dan jantung.

2. Almond

Menurut penelitian dari jurnal Metabolism pada April 2011, kacang almond dapat membantu mengontrol kadar glukosa dan menurunkan risiko penyakit jantung untuk diabetes tipe 2. Selain itu, almond juga mengandung lebih banyak serat ketimbang jenis kacang lainnya. Kisaran jumlah serat di dalam almond adalah 3.5 gram.

Alasan lain almond baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah karena kacang tersebut juga memiliki kandungan magnesium tinggi. Hal ini penting karena penderita diabetes seringkali mengalami kekurangan mineral tersebut. Magnesium berfungsi meningkatkan kesehatan tulang , mengontrol tekanan darah dan gula darah, serta meningkatkan fungsi otot dan saraf.

3. Pistachio

Kacang pistachio kaya akan serat, protein, dan lemak sehat. Ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi pistachio memiliki gula darah seimbang. Kamu bisa mengonsumsi kacang tersebut sendiri atau dicampur dengan salah khusus untuk penderita diabetes.

4. Kacang Tanah

Menurut penelitian dari British Journal of Nutrition pada Juni 2013, wanita obesitas penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi selai kacang alami untuk sarapan mereka memiliki kadar konsentrasi glukosa yang lebih baik dan kontrol rasa lapar hingga 12 jam. Tapi, tentu saja Kamu harus hati-hati dalam memilih selai kacang yang sehat untuk penderita diabetes.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kacang adalah salah satu pilihan makanan dan camilan terbaik untuk penderita diabetes. Tapi, bukan berarti Kamu bisa mengonsumsinya setiap saat. Konsumsilah kacang dalam porsi sehat!

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.