Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Gandum utuh memiliki kandungan vitamin dan serat tinggi yang baik bagi tubuh. Kira-kira apa saja sih manfaat gandum utuh bagi kesehatan dan tubuh?

Gandum utuh termasuk dalam jenis whole grains atau biji-bijian utuh yang belum diolah, sehingga masih menyertakan bagian bran (kulit terluar), germ (lembaga), dan endosperma. Semua bagian yang tidak dipisahkan ini membuat gandum utuh sangat kaya akan serat dan vitamin, sehingga baik untuk mengurangi risiko berbagai jenis penyakit.

Gandum utuh juga memiliki kandungan vitamin dan serat tinggi yang baik bagi tubuh. Nah, kira-kira apa saja sih manfaat gandum utuh bagi kesehatan dan tubuh? Berikut di antaranya.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat kesehatan biji-bijian seperti gandum utuh adalah menurunkan risiko penyakit jantung, yang merupakan salah satu penyebab utama kematian terbesar di seluruh dunia.

Penelitian tahun 2016 mengungkapkan bahwa konsumsi 3 porsi masing-masing 1 ons gandum utuh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 22%.

2. Menurunkan risiko penyakit stroke

Kandungan dalam biji-bijian utuh, seperti serat, vitamin K, dan antioksidan, dapat mengurangi risiko stroke. Biji-bijian utuh juga direkomendasikan dalam diet DASH dan diet Mediterania.

3. Mengurangi risiko obesitas

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Oleh karena itu, konsumsi biji-bijian seperti gandum utuh dapat membantu menurunkan berat badan serta mengurangi risiko obesitas .

4. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Selain serat dan vitamin, gandum utuh juga mengandung magnesium serta mineral, yang dapat membantu tubuh mencerna karbohidrat dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 .

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat dalam gandum utuh dapat menjaga pencernaan tetap sehat dan mencegah sembelit.

6. Mengurangi risiko kanker

Penelitian menunjukkan bahwa gandum utuh dapat mencegah risiko kanker, terutama kanker kolorektal atau kanker usus besar .

Gandum utuh hanya salah satu dari banyaknya jenis biji-bijian utuh yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Sebenarnya, ada banyak jenis biji-bijian utuh lain yang tak kalah bermanfaat seperti gandum utuh, misalnya beras merah dan jagung.

Ternyata gandum utuh ada banyak sekali manfaatnya kan untuk tubuh? Maka dari itu, yuk mulai biasakan diri mengonsumsi gandum utuh setiap harinya. Jika belum terbiasa dengan jenis biji utuh, Kamu bisa mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum utuh seperti sereal.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya