Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan dan minuman yang sudah terbukti memiliki dampak baik untuk fungsi hati dan ginjal dalam membersihkan darah kotor dari zat sisa dan zat racun.

Tidak ada satupun makanan yang bisa secara langsung membantu organ mendetoksifikasi darah. Namun, Kamu bisa secara tidak langsung membantunya dengan mengonsumsi diet sehat yang mengandung buah dan sayuran.

Berikut makanan dan minuman yang sudah terbukti memiliki dampak baik untuk fungsi hati dan ginjal dalam membersihkan darah kotor dari zat sisa dan zat racun.

1/ Air Putih

Sejauh ini, cara untuk membersihkan kotor yang paling baik dan meningkatkan fungsi ginjal adalah minum air putih yang cukup. Ginjal membutuhkan cairan untuk mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh.

Selain itu, air juga membantu menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka, sehingga darah bisa mengalir dengan lancar. Dehidrasi akut bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Untuk memastikan Kamu tetap terhidrasi, pastikan urin Kamu berwarna kuning muda atau bening. Menurut National Kidney Association, normalnya setiap orang memproduksi sekitar 6 cangkir urin setiap harinya.

Sementara itu, kebutuhan air putih setiap orang berebeda-beda. Peraturan umumnya, setiap orang harus minum 8 gelas air putih per hari. Namun, kalau Kamu melakukan aktivitas berat atau memiliki berat badan lebih, maka jumlah kebutuhannya melebih 8 gelas.

Selain itu, biasanya pria memiliki kebutuhan cairan lebih dibandingkan wanita.

2/ Sayuran Cruciferous

Sayuran Cruciferous seringkali direkomendasikan oleh dokter untuk orang yang memiliki penyakit ginjal. Yang termasuk sayuran cruciferous adalah brokoli, kubis, bunga kol, dan lainnya.

Golongan sayuran cruciferous memiliki kandungan antioksidan tinggi dan sangat bernutrisi. Menurut penelitian, golongan sayuran ini bisa menurunkan risiko banyak jenis kanker, termasuk kanker ginjal.

Selain itu, sayuran cruciferous juga cukup versatil. Artinya, golongan sayuran ini mudah dikonsumsi dalam bentuk apa saja, baik itu dimakan secara mentah, direbus, dipanggang, ataupun dimasukkan ke dalam sup.

3/ Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa melindungi hati dari kerusakan. Menurut penelitian, mengonsumsi blueberry secara rutin bisa menjaga kesehatan hati.

Blueberry juga cukup mudah untuk dikonsumsi. Buah ini bisa dikonsumsi secara mentah dan segar, ataupun dicampurkan ke dalam yogurt, oatmeal, atau smoothie.

4/ Cranberry

Cranberry terkenal dengan manfaatnya terhadap kesehatan saluran urin. Menurut penelitian, cranberry bisa mencegah bakteri menempel di saluran urin. Oleh sebabnya, hal ini secara tidak langsung mencegah infeksi pada ginjal.

Inilah mengapa salah satu cara membersihkan darah kotor adalah mengonsumsi cranberry. Buah ini mudah dikonsumsi. Kamu bisa mengonsumsinya langsung, atau mencampurkannya ke dalam oatmeal, smoothie, atau bahkan salad.

5/ Kopi

Ternyata, minum kopi termasuk cara membersihkan darah kotor. Minum kopi ternyata memiliki manfaat melindungi pada hati. Menurut penelitian, minum kopi menurunkan risiko sirosis pada orang yang memiliki penyakit hati kronik. Minuman ini juga bisa menurunkan risiko terkena kanker hati.

Kopi juga menurunkan risiko kematian pada orang yang memiliki penyakit hati kronik, serta meningkatkan respon pengobatan pada penderita hepatitis C. Beragam manfaat tersebut kemungkinan besar karena kemampuan kopi mencegah penumpukan lemak dan kolagen di hati.

6/ Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bahan alami penambah rasa pada masakan, baik itu dalam bentuk mentah atau bubuk. Bawang putih memiliki bahan anti-inflamasi yang bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Inilah mengapa konsumsi bawang putih termasuk cara membersihkan darah kotor.

Tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah di dalam ginjal. Jadi, waspadai dampaknya terhadap ginjal jika Kamu memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7/ Jeruk Bali

Jeruk Bali adalah buah yang kaya antioksidan dan bisa membantu meredakan inflamasi di dalam tubuh. Kebanyakan penelitian mencari tahu dampak kandungan jeruk bali terhadap binatang, dan sejauh ini hasilnya membawa hasil positif.

Penelitian-penelitian tersebut menemukan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam jeruk bali bisa membantu melindungi hati dari cedera dan efek berbahaya alkohol.

8/ Apel

Siapa sangka, makan apel termasuk cara membersihkan darah kotor? Apel termasuk buah yang memiliki kandungan tinggi serat yang mudah larut. Serat tersebut disebut pektin. Serat yang mudah larus membantu mengatur kadar gula darah.

Karena kadar gula darah tinggi bisa merusak ginjal, hal apapun yang menjaga kontrolnya akan memberikan efek positif terhadap kesehatan ginjal. Apel juga termasuk buah yang mudah dimakan.

9/ Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, tuna dan sardin, memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Asam lemak omega-3 juga terbukti bisa menurunkan kadar trigliserida darah dan menurunkan tekanan darah. Keduanya bisa membantu fungsi kerja hati dan ginjal.

Pada umumnya, ikan memang kaya akan protein. Namun, kalau Kamu sudah punya penyakit ginjal, sebaiknya batasi jumlah asupan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi protein bisa mendorong ginjal bekerja lebih keras.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.