Kacang tanah sangat bergizi, karena merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi penting. Nilai gizinya bervariasi tergantung cara mengolahnya.

Oh iya, siapa di antara Kamu yang tidak mengenal tumbuhan kacang tanah? Saya yakin semua pasti mengetahui tanaman yang satu ini. Kacang tanah ( Arachis hypogaea L .) adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan. Ini menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia.

Tanaman yang berasal dari benua Amerika ini, merupakan tumbuhan perdu setinggi 30-50 cm dengan daun-daun kecil tersusun majemuk. Tanaman ini adalah satu di antara dua jenis tanaman budidaya, selain kacang bogor, Voandziea subterranea, yang buahnya masak di bawah permukaan tanah. Jika buah yang masih muda terkena cahaya, proses pematangan biji pun akan terganggu. (wikipedia, 2017)

Sekilas melihat penjabaran di atas mungkin di antara Kamu ada yang sudah langsung paham. Namun, mungkin juga ada yang kurang mengerti dengan istilah-istilah latin di atas. Hehehe. Pada tulisan ini, tidak akan dibahas kok mengenai kacang tanah secara deskriptif ataupun definitif. Penjelasan di atas sebagai tambahan informasi buat kita, untuk semakin menambah wawasan ilmu, ya.

Sebelum masuk kepada manfaat kacang tanah, akan lebih baik kita mengetahui apa saja kandungan gizi yang ada di dalam tanaman ini. Sebagaimana di kutip dari healthyeating.sfgate.com , dengan judul tulisan Health Benefits of Raw Peanuts, kandungan gizi dan nutrisi dari kacang tanah antara lain:

828 kalori (8 persen dari kebutuhan harian).

72 gr lemak (110 persen dari kebutuhan harian).

37 gr protein (73 persen protein dari kebutuhan harian).

24 gr karbohidrat (8 persen dari kebutuhan harian).

12 gr serat (19 persen dari kebutuhan harian).

10 gr lemak jenuh (50 persen dari kebutuhan harian).

Kacang tanah sangat bergizi, karena merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi penting. Nilai gizi kacang bisa bervariasi, tergantung cara pengolahannya (asin, hambar, panggang, dengan mentega, dll). Namun, yang tidak berubah adalah manfaat kesehatan dari kacang. Dalam 1 ons kacang tanah kupas, terdapat 28 gr kandungan nutrisi, antara lain:

Kalori: 166 kalori.

Protein: 7,8 gr.

Kalsium : 17,1 mg.

Kalium: 203 mg.

Magnesium: 49,3 mg.

Fosfor: 111 mg.

Sodium: 89,6 mg.

Folat: 33,6 mcg.

Karbohidrat: 4.3 gr.

Serat diet: 2,6 gr.

Jumlah total lemak: 14,7 mg.

Wah, dengan melihat banyak kandungan gizi di atas, tentu kita sudah bisa membayangkan bagaimana besarnya manfaat dari tanaman yang satu ini. Biar lebih lengkap wawasan kita, berikut 3 manfaat utama kacang tanah.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kacang tanah rebus secara teratur membantu menjaga kesehatan jantung. Bagi Kamu yang ingin terhindar dari berbagai macam penyakit jantung, Kamu dapat mengonsumsi kacang tanah rebus sebagai solusinya. Kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang menjaga jantung tetap sehat.

Kedua jenis lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Dengan demikian, Kamu pun terhindar dari risiko penyakit jantung koroner. Sebagai sumber yang kaya akan mineral, seperti magnesium, fosfor, kalium, seng, kalsium, natrium, dan lain-lain, kacang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Pastikan konsumsi kacang secara teratur, untuk menyuplai pasokan mineral yang cukup pada tubuh dan memelihara kesehatan jantung.

2. Menyehatkan Kandungan dan Ibu Hamil

Kacang tanah memang memiliki rasa yang nikmat dan dapat dijadikan sebagai camilan ketika bosan. Tahukah Kamu ternyata kandungan yang terdapat di dalam kacang tanah akan membantu merelaksasikan tubuh dan pikiran, sehingga Kamu dapat terhindar dari depresi? Selain bermanfaat untuk mencegah depresi, ternyata kandungan yang terdapat pada kacang tanah juga bermanfaat untuk mencegah stres.

Dengan demikian, Kamu dapat terhindar dari depresi serta stres yang diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Tidak hanya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit dan menghilangkan stres, mengonsumsi kacang tanah juga baik untuk ibu hamil .

Kandungan yang terdapat di dalam kacang tanah bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Hal ini disebabkan di dalam kacang tanah terkandung vitamin penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Vitamin tersebut amat penting bagi sel dan jaringan untuk melawan infeksi.

Kacang memiliki vitamin yang mampu membantu mengatur metabolisme, mengkonversi lemak dan karbohidrat menjadi energi, serta memfasilitasi tulang dan pembentukan jaringan. Sebagai sumber folat, kacang mengurangi kejadian cacat lahir dan kondisi anemia pada ibu hamil.

3. Sebagai Antioksidan Alami

Selain manfaat di atas, kacang tanah juga dimanfaatkan sebagai antioksidan alami. Antioksidan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Kamu. Konsumsilah kacang tanah sebagai salah satu alternatif untuk mencukupi kebutuhan antioksidan yang dibutuhkan di dalam tubuh.

Kacang mengandung konsentrasi tinggi polifenol antioksidan, terutama senyawa yang disebut p-coumaric acid dan asam oleat, yang tidak hanya melindungi jantung tapi juga menghambat pertumbuhan radikal bebas dan mencegah infeksi.

Wah, luar biasa kan manfaatnya? Namun tetap diingat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tetap tidak baik buat tubuh. Jadi, harus diperhatikan porsinya. Semoga bermanfaat.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.