Ilmu yang wajib dikuasai oleh para chocolatier

"

Walaupun dibandrol dengan harga tinggi, cokelat jenis couverture memang selalu menjadi pilihan para chocolatier , yakni kalangan profesional yang khusus bergelut di bidang cokelat.

Memiliki cita rasa yang kaya dengan tekstur yang cepat lumer ( melting point setara suhu tubuh), menjadikan produk-produk yang menggunakan jenis cokelat ini pun banyak digemari.

Ada satu proses krusial yang tidak terlewat dalam pembuatan produk yang berhubungan dengan cokelat couverture , yakni tempering .

Proses tempering atau proses pemanasan suhu di titik tertentu ini, berguna untuk menstabilkan kandungan cocoa butter yang menjadi kandungan cokelat couverture .

Cokelat dilelehkan pada suhu tertentu (tidak boleh lebih dari 45 derajat celcius), agar lemak cokelat tidak hancur dan menyebabkan cokelat menjadi mati. Setelahnya, cokelat akan diturunkan suhunya hingga mencapai 28 derajat celcius, dan perlahan-lahan akan dinaikkan ke suhu 31 derajat celcius sebelum digunakan (pada dark chocolate ).

Dengan melakukan teknik ini, hasil akhir cokelat akan mengkilap saat digunakan di pembuatan pralines , bar, ataupun hiasan.

Nah, ternyata juga bisa melakukan proses chocolate tempering di rumah dengan mudah! Nantikan di artikel Endeus.TV berikutnya ya:)

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.