Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Meski begitu, ingat dong ada pepatah yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Ya, begitu pula dengan pengonsumsian teh.

Teh, siapa sih yang enggak suka dengan jenis minuman yang satu ini? Yup, selain bisa disajikan kapan saja, entah pagi atau malam, teh juga bisa Kamu nikmati dalam keadaan panas saat cuaca dingin atau mungkin dalam keadaan dingin saat cuaca sedang panas-panasnya.

Selain memiliki rasa yang khas, teh juga terkenal memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang minum 3 atau lebih cangkir teh per hari mengalami penurunan 11% terhadap risiko serangan jantung.

Meski begitu, ingat dong ada pepatah yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Ya, begitu pula dengan pengonsumsian teh. Meskipun memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, konsumsi teh secara berlebihan dalam 1 hari bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh. Enggak percaya? Berikut ulasannya seperti yang telah dilansir dari Livestrong !

1/ Teh mengandung kafein

Menurut Brown University, teh hitam dan teh hijau memiliki kandungan kafein rata-rata sekitar 40 mg per cangkir. Sementara rata-rata orang hanya dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 200 mg kafein per harinya. Ini berarti, kafein teh hanya sekitar seperempat dari jumah yang biasa mereka konsumsi.

Meski begitu, bukan berarti teh terbilang aman dikonsumsi sebanyak mungkin dibanding kopi. Minum teh yang berlebihan dalam sehari juga dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh, seperti meningkatkan ketergantungan akan kafein, kesulitan berkonsentrasi, merasa cemas, hingga mengalami gangguan pola tidur.

2/ Bahan kimia dalam teh bisa menimbulkan efek negatif

Di satu sisi, senyawa dalam teh hijau, seperti kafein, fluorin, dan flavonoid, juga bertanggung jawab atas sebagian efek negatif bagi tubuh. Kombinasi senyawa-senyawa ini dengan bahan kimia lainnya atau jika terlalu banyak minum teh dapat menyebabkan kerusakan hati pada beberapa orang.

3/ Fluorin dalam teh hijau

Seperti dikatakan sebelumnya, teh secara alami memiliki kandungan fluorin yang tinggi. Minum teh hijau dengan jumlah yang terlalu banyak dapat meningkatkan kadar fluorin. Efek ini bisa sangat terasa jika teh diseduh dengan air minum yang mengandung fluoride. Terlalu banyak fluoride dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan, penyakit tulang, dan fluorosis gigi.

4/ Mengurangi penyerapan zat besi dalam tubuh

Teh mengandung tannin, yaitu struktur kimia yang diketahui dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Hal ini telah diungkapkan oleh Colorado State University bahwa teh dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi hingga 60%.

Untuk vegetarian atau orang-orang yang mengonsumsi zat besi dalam jumlah terbatas, minum teh dalam jumlah yang banyak per harinya dapat memperburuk risiko kekurangan zat besi. Selain itu, tannin dalam teh hijau juga dapat mengurangi penyerapan asam folat, bentuk vitamin B yang sangat penting selama perkembangan janin .

5/ Menimbulkan interaksi obat

Teh dapat memengaruhi kinerja beberapa jenis obat. Maka dari itu, terkadang konsumsi teh tidak diperbolehkan jika sedang dalam pengobatan tertentu. The University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa minum teh dapat meningkatkan efektivitas beberapa jenis obat antibiotik dan pengencer darah.

Ini juga dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan atau mengurangi efektivitas obat dalam kombinasi dengan monoamine oxidase inhibitor (MAOIs), beberapa obat kemoterapi, clozapine, dan kontrasepsi oral.

Teh memang memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga sangat sulit ya untuk menolaknya. Namun, sejumlah ahli menyarankan untuk tidak minum lebih dari 5 cangkir teh setiap harinya. Bagi wanita hamil dan menyusui, sebaiknya membatasi konsumsi teh tidak lebih dari 2 cangkir per harinya. Ayo, mulai sekarang pastikan Kamu tetap meminum teh dalam jumlah yang secukupnya ya, alias tidak berlebihan! (BAG/AS)

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.