Lontong, buras, dan ketupat sama-sama terbuat dari beras. Lalu apa bedanya? Di sini kita akan bahas lebih dalam perbedaan ketiganya.

Serupa tapi tak sama adalah kalimat yang pas untuk menggambarkan lontong, buras, dan ketupat. Semuanya menggunakan bahan utama yang sama; beras. Meski begitu ada perbedaan di antara ketiganya yang bagi sebagian orang sulit untuk diketahui.

Ketiganya adalah makanan khas dari Indonesia yang sama-sama dibungkus oleh daun. Makanya banyak yang sulit membedakan antara satu dan lainnya. Biar nggak salah lagi dalam penyebutannya mari kita cari tau beda di antara ketiganya.

Lontong

Dibuatnya menggunakan beras setengah matang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dikukus hingga matang. Bentuknya memanjang, dan biasa digunakan untuk pengganjal perut ketika lapar.

Biasanya lontong juga memiliki isi di dalamnya sebut saja oncom dan juga wortel. Selain bisa dimakan begitu aja, lontong juga enak untuk disantap bersama gorengan dan sambal.

Kuliner Nusantara yang tersebar di seluruh Indonesia juga banyak yang menggunakan lontong loh. Seperti lontong balap (Surabaya), lontong sayur (Betawi), lontong tahu (Blora), dan masih banyak beberapa makanan lainnya.

Buras

Buras atau ada yang menyebutnya juga burasa adalah kuliner dari Makassar dan Bugis, Sulawesi Selatan. Sebenarnya mirip dengan lontong. Menggunakan daun pisang juga dalam membungkusnya. Membuatnya pun sama dengan lontong yang menggunakan beras.

Yang membedakannya adalah dalam proses pembuatannya beras yang direbus setengah matang bersama dengan santan dan sedikit parutan kelapa. Aromanya jadi lebih wangi dan rasanya menjadi lebih gurih dibandingkan dengan lontong.

Ketupat

Kalo yang satu ini dari bentuknya udah beda dari kedua makanan di atas. Kalo lontong dan buras dibentuk memanjang, ketupat bentuknya lebih mengotak. Selain itu ketupat nggak dibungkus dengan daun pisang melainkan janur kelapa.

Cara pembuatannya juga berbeda, yang satu ini menggunakan beras yang masih mentah langsung dimasukkan ke dalam janur kelapa yang sudah dianyam. Proses masaknya langsung direbus hingga matang (kira-kira empat hingga delapan jam).

Nah sekarang udah tau kan beda di antara ketiganya? Jangan lagi salah dalam membedakannya terutama buras dan lontong yang bentuknya mirip.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.