Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Street food Korea mulai banyak diminati seiring dengan adanya Korea Wave. Bila berkunjung ke Korea jangan lupa cicipi aneka jajanan berikut.

Seiring dengan masuknya budaya Korea di Indonesia, membuat semua tentang negeri ginseng ini sangat dicari terutama dalam hal kulinernya. Ada banyak makanan khas asli Korea dan yang paling diminati adalah jajanan atau street foodnya. Bagi ENDEUSiast yang sedang berlibur ke Korea Selatan, wajib untuk mencicipi aneka jajanan korea yang paling banyak diminati. Apa saja daftarnya? Mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

1/ Hwari Gamja

Bagi ENDEUSiast yang suka dengan jajanan yang terbuat dari kentang maka bisa mencoba hwari gamja ini. Jajanan/street food asli Korea ini memiliki bentuk unik yang menyerupai tornado. Maka tidak heran bila di Indonesia jajanan ini disebut dengan kentang tornado.

Untuk membuatnya, hwari digoreng hingga matang lalu campurkan bumbu yang beraneka rasa seperti gurih, manis dan pedas. Bisa ENDEUSiast tentukan sesuai selera. Untuk bisa mencicipi hwari gamja ENDEUSiast tidak perlu repot terbang ke Korea karena di Indonesia juga sudah banyak yang menjualnya di pinggir jalan.

2/ Odeng

Jajanan yang satu ini terbuat dari bahan tepung terigu dan bahan campuran lainnya seperti ikan. Bahan yang digunakan tidak mesti harus daging ikan, bisa juga dengan olahan seafood lainnya seperti cumi atau kepiting. Meski namanya adalah bakso ikan tetapi tampilan jajanan Odeng tidaklah menyerupai seperti bakso pada umumnya.

Cara menyajikan odeng sama seperti sate tetapi menggunakan kuah kaldu untuk merebusnya. Odeng lebih banyak dijual pada saat musim dingin di Korea, jadi bila ENDEUSiast ingin mencicipi Odeng sebaiknya datang ke Korea pada musim dingin. Jajanan yang satu ini memang tepat disantap dalam cuaca yang dingin untuk menghangatkan tubuh.

Untuk varian odeng lainnya, ada yang namanya odeng tang yang disajikan dengan menggunakan kedelai dan kaldu bawang.

3/ Tteokbokki

Dari semua jajanan/street food yang telah dijelaskan diatas, bisa dibilang tteokbokki lah yang paling banyak peminatnya dan juga paling mudah ditemukan di berbagai restoran di Indonesia.

Jajanan khas Korea ini terbuat dari kue beras yang disajikan dengan menggunakan saus asam manis. Saus yang digunakan adalah saus gochujang. Saus ini merupakan hasil dari fermentasi pasta cabai sehingga menghasilkan rasa asam manis.

Selain itu, tteokbokki juga banyak disajikan dengan tambahan sayuran, mie hingga telur. ENDEUSiast juga bisa membuat tteokbokki di rumah dengan kreasi sesukanya seperti chessy tteokbokki yang menggunakan keju mozarella sebagai bahan pelengkapnya.

Itulah beberapa daftar jajanan/street food Korea yang cukup diminati. ENDEUSiast tinggal pilih yang mana sesuai selera.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.