Aneka Sayur yang Cocok untuk Pecel
Aneka Sayur yang Cocok untuk Pecel

Ada banyak jenis pilihan sayur yang bisa digunakan untuk isian pecel.

Pecel merupakan olahan sayuran yang berasal dari Jawa Timur. Ada banyak jenis pilihan sayur yang bisa digunakan untuk isian pecel.

Pecel sayur merupakan makanan sehat yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Selain rasanya yang terkenal khas karena menggunakan bumbu rempah Indonesia, sajian pecel juga terbilang cukup murah. ENDEUSiast bahkan bisa melihat ada banyak pedagang di pinggiran jalan yang menjual pecel sayur.

Cara pembuatannya pun terbilang mudah, ENDEUSiast hanya perlu merebus semua jenis sayuran yang sudah disiapkan. Lalu untuk bumbunya, haluskan kacang goreng beserta bumbu rempah dan tambahkan air. Siram saus bumbu kacang tadi ke atas sayur yang telah direbus. ENDEUSiast juga menambahkan lauk pendamping lainnya seperti tahu, tempe atau rempeyek. Bila ENDEUSiast ingin membuat pecel sendiri di rumah, berikut ada beberapa daftar jenis sayur yang cocok untuk sajian pecel sayur.

1/ Bayam

Jenis sayuran yang satu ini sudah banyak diolah untuk aneka masakan apapun seperti keripik bayam atau sayur bening bayam. Untuk menggunakan bayam, tidak perlu disiangi bisa langsung direbus bersama dengan batangnya. Cuci bayam hingga benar-benar bersih. Pada proses perebusan, masukkan batangnya terlebih dahulu dan biarkan hingga setengah matang barulah masukkan daunnya agar matang bersama. angkat, lalu tiriskan.

2/ Tauge

Supaya sajiannya lebih enak, jangan merebus tauge lebih baik diseduh saja dengan menggunakan air panas agar tekstur renyah dari tauge tidak berubah. Jenis tauge yang digunakan untuk pecel pun berbeda. Pilihlah jenis tauge yang tangkainya panjang karena itu memang khusus untuk pecel sedangkan tauge yang bertangkai pendek lebih banyak digunakan untuk masakan seperti soto dan rawon. Jadi jangan sampai salah pilih ya.

3/ Kembang Turi

Pecel yang menggunakan kembang turi lebih sering digunakan untuk sajian pecel khas madiun. Sama halnya dengan tauge, untuk mengolah kembang turi jangan direbus, cukup diseduh dengan menggunakan air panas. Cita rasa dari kembang turi memang sedikit pahit tetapi inilah yang menjadi ciri khas dari sajian pecel khas madiun ini. Rasa pahitnya juga memberikan sensasi yang berbeda dan unik ketika disantap.

4/ Daun Kemangi

Daun kemangi juga tidak boleh terlewatkan untuk sajian pecel. Aroma wanginya yang khas bisa membangkitkan selera makan kita. Pilihlah jenis daun kemangi yang masih segar sehingga lebih sedap ketika disantap. Tidak lupa tambahkan sambal untuk ENDEUSiast suka pedas.

Aneka jenis sayur di atas merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat pecel sayur. ENDEUSiast tinggal memiih dan mengkombinasikannya sesuai dengan selera.

Endeustorial

Ikuti Instagram