Sayuran yang bisa diolah menjadi kimchi sangat beragam. Berikut beberapa jenis kimchi dengan bahan dari sayuran yang berbeda.

Berbicara tentang makanan Korea pasti tidak lepas dengan kimchi. Ya, bisa dibilang kimchi merupakan makanan wajib orang Korea, karena setiap hari menyantapnya. Untuk penyajiannya, kimchi bisa dimakan dalam keadaan segar atau difermentasi terlebih dahulu. Makanan yang terbuat dari sayur ini bermanfaat bagi tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan seperti vitamin, serat, fosfor dan kalsium.

Jenis sayuran yang paling banyak digunakan untuk membuat kimchi adalah sawi putih. Tetapi banyak varian kimchi lainnya dengan menggunakan sayur yang berbeda. Apa saja jenisnya? Mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

1/ Yangbaechu Kimchi

Jenis kimchi yang satu ini bisa dikatakan sebagai kimchi darurat karena proses pembuatannya yang tidak melalui tahap fermentasi. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk menyajikan yangbaechu kimchi. Jenis sayuran yang digunakan adalah kol atau kubis yang telah dilumuri bumbu khusus. Yangbaechu kimchi sangat cocok bagi ENDEUSiast yang tidak terlalu suka dengan makanan hasil fermentasi karena kimchi ini tidak terasa asam sama sekali.

2/ Dongchimi

Dongchimi merupakan kimchi yang terbuat dari lobak dan biasanya dibuat pada saat sebelum memasuki musim dingin di Korea. Berhubung dongchimi ini merupakan jenis kimchi yang berkuah, maka untuk bisa mendapatkan kuah yang segar dengan rasa asam harus difermentasi terlebih dahulu sekitar 2 hingga 3 hari. Bila ingin memberikan rasa manis pada kimci ini, bisa juga ditambahkan potongan buah pir yang manis. Sehingga akan ada pencampuran antara rasa manis dan asam. Untuk menambahkan sensasi kesegaran pada dongchimi, bisa tambahkan es batu secukupnya.

3/ Tongbaechu Kimchi

Kimchi yang satu ini cukup populer di Korea bila dibanding jenis kimchi lainnya. Bahan yang digunakan adalah sawi putih yang dipotong menjadi 2 bagian. Siapkan bumbu khusus kimchi, lalu oleskan satu persatu ke sayurannya.

Untuk menambahkan cita rasa pada tongbaechu kimchi, bisa ditambahkan dengan aneka sayuran lainnya seperti daun bawang, irisan lobak dan wortel. Sebelum disajikan, tongbaechu kimchi harus difermentasi terlebih dahulu selama maksimal 3 hari.

4/ Kkakdugi Kimchi

Kkakdugi kimchi merupakan kimchi yang terbuat dari bahan sayur lobak yang dibentuk dadu. Jenis kimchi ini sama populernya dengan tongbaechu kimchi. Lumuri bumbu pada potongan lobak lalu tambahkan dengan bahan lainnya. bedanya dengan tongbaechu kimchi, untuk kkakdugi kimchi bisa disajikan dalam keadaan masih segar atau bisa juga difermentasikan selama 3 hari.

Banyak kan varian dari kimchi. ENDEUSiast juga bisa membuat kimchi jjigae di rumah dengan resep yang tersedia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.