Aneka Sate dan Bumbunya yang Unik Khas Nusantara, Mana Favoritmu?
Aneka Sate dan Bumbunya yang Unik Khas Nusantara, Mana Favoritmu?

Sate di Indonesia memiliki berbagai macam bumbu yang menambah kelezatannya.

Bumbu sate memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan rasa sate. Sate khas Indonesia begitu beragam karena keunikan proses pembuatan bumbu yang berbeda di masing-masing daerah. Berbagai macam rempah-rempah yang digunakan menjadi kuncinya. Yuk, kita kenali bersama.

1/ Sate Klathak Yogyakarta

Sate Klathak begitu unik karena dagingnya tidak diolah menggunakan bumbu seperti sate lainnya. Daging sate Klathak hanya diberi garam dan ditusuk menggunakan besi jeruji roda sepeda. Sate khas Bantul, Yogyakarta ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya.

Daging kambing yang telah diberi garam dan ditusuk ini dibakar hingga matang. Dalam proses pembakaran ini akan terdengar bungi “ thak, thak, thank ”. Oleh karena itu, sate ini dinakaman sate Klathank. Sate Klathak begitu istemewa karena disajikan dengan kuah gulai yang gurih.

2/ Sate Madura

Bumbu ini sangat terkenal sehingga kita sering menemukannya di setiap kota. Kepopuleran bumbu kacang ini berkat masyarakat Madura yang senang merantau dan menjelajah berbagai daerah di Indonesia.

Pulau Madura memiliki bumbu yang lezat hasil olahan gula jawa, bawang putih, kacang tanah, petis, kemiri, dan garam yang dihaluskan. Bumbu kacang yang lezat ini lantas disiram di atas daging ayam atau kambing yang telah dibakar di atas arang batok kelapa. Tidak lupa, kecang bawang merah, acar, dan cabe rawit hadir untuk menambah kelezatnnya.

3/ Sate Sapi Maranggi

Bumbu sate sapi ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya di Kota Purwakarta. Bunga kecombrang dan tepung ketan menjadi bahan utama untuk membuat bumbu sate yang juga bisa ditemukan di Cianjur ini.

Daging sapi sate Maranggi mengalami proses perendaman dalam bumbu khas yang terdiri dari kecap, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, dan cuka lahang. Proses ini disebut juga dengan marinasi. Selain sapi, sate ini juga menggunkan daging kambing. Aroma bunga kecombrang yang disiram di atas sate akan berpadun dengan lotong atau ketan bakar dan oncom pedas.

4/ Sate Sapi Padang

Tidak hanya terkenal dengan sajian nasinya, Padang juga dikenal karena sate sapinya yang begitu endeus. Sate ini memiliki daging sapi dipadukan dengan bumbu rempah yang lembut dan kental.

Biasanya, bagian sapi yang digunakan adalah daging dan lidahnya. Sedangkan bumbu sate khas Sumatra Barat ini dibuat dari campuran kaldu, kunyit, jahe, jinten, ketumbar, bawang putih, lengkuas, bubuk kari, dan garam. Mantab sekali! Sate ini menjadi semakin lezat karena disajikan dengan keripik singkong pedas. ENDEUSiast bisa membuat sate ini sendiri dengan mengikuti resepnya di sini .

5/ Sate Lilit Bali

Sate lilit memiliki keistimewaan yang terletak pada penyajiannya. Bahan dasar yang berupa daging ayam, sapi, ikan, atau babi dicincang halus dan dicampur dalam bumbu istimewa berupa santan, kelapa parut, merica, bawang merah, jeruk nipis, dan sebagainya.

Daging tersebut kemudian dililitkan pada tusuk sate. Tak sampai di situ, tusuk sate yang digunakan begitu berbeda dari sate pada umumnya karena terbuat dari batang serai. Aroma serai sate ini tentu menambah kelezatan sate khas Pulau Dewata ini. Endeus.tv punya resepnya, loh. Tertarik membuat sendiri di rumah? Cek di sini , deh.

Dari lima sate dan bumbunya yang lezat di atas, mana favoritmu?

Endeustorial

Ikuti Instagram