Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ikan adalah salah satu sumber protein yang bisa diolah menjadi banyak jenis olahan. Berikut ini beberapa produk olahan ikan yang banyak digemari.

Di Indonesia, ikan biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar. Selain dua cara tersebut, ikan juga banyak diawetkan menjadi ikan pindang, ikan asin, ikan asap, dan sebagainya.

Ikan juga diolah menjadi beberapa makanan lain untuk meningkatkan nilai jual ikan serta salah satu cara untuk memperpanjang masa kadaluwarsa ikan. Berikut ini beberapa aneka produk olahan yang banyak digemari.

1/ Sosis Ikan

Sosis adalah salah satu jenis makanan olahan yang banyak digemari terutama oleh anak-anak. Sosis biasanya dibuat dari daging ayam dan daging sapi. Dari sektor perikanan, ikan juga bisa diolah menjadi sosis untuk meningkatkan nilau jual ikan tersebut. Ikan yang biasanya digunakan untuk sosis adalah ikan tenggiri, ikan dori, ataupun ikan dengan daging putih yang lain. Sehingga warna sosis ikan bisa putih bersih dan rasanya juga lezat.

2/ Bakso Ikan

Selain sosis, makanan olahan yang juga bisa dibuat dari ikan adalah bakso. Bagi beberapa orang yang tidak mengkonsumsi daging ayam dan daging sapi namun tetap ingin menikmati bakso, bisa memilih olahan bakso ikan . Secara umum proses pembuatan bakso ikan sama dengan proses pembuatan bakso pada umumnya. Hanya saja ikan yang digunakan adalah ikan berdaging putih seperti ikan cucut, kakap, tenggiri, dan sebagainya. Bakso kuah ini juga bisa disajikan dengan berbagai cara seperti direbus dengan kuah, dibuat sup, dibakar, digoreng, dan sebagainya. Dengan diolah menjadi bakso, olahan ikan menjadi lebih menarik dan juga jauh lebih tahan lama dibanding dengan ikan segar.

3/ Abon Ikan

Bila abon biasanya dibuat dari daging sapi dan ayam, namun abon ikan ini mempunyai rasa yang tidak kalah lezat. Di daerah pesisir atau daerah dengan hasil laut yang melimpah, biasanya ikan diolah menjadi abon untuk meningkatkan nilau jual dan juga sebagai salah satu cara mengawetkan ikan. Ikan yang digunakan untuk abon adalah ikan dengan daging yang padat seperti ikan tuna, ikan cakalang, ikan tongkol, dan sebagainya.

4/ Kornet Ikan

Kornet adalah salah satu jenis pengolahan yang tidak hanya bisa diterapkan pada daging ayam atau sapi saja. Kornet ikan adalah salah satu cara mengawetkan ikan dan meningkatkan daya jualnya. Karena menggunakan daging ikan, kornet ikan ini mempunyai warna yang putih dari pada kornet yang terbuat dari daging sapi atau ayam.

5/ Dendeng Ikan

Olahan ikan lain yang juga banyak digemari adalah dendeng ikan. Pemberian bumbu-bumbu pada ikan serta proses pengolahan hingga kering membuat ikan menjadi tahan lama. Selain itu, ikan juga menjadi lebih awet dan bisa disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.