Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bosan dengan piring keramik? Kenapa tidak mencari alternatif wadah ramah lingkungan dan membuat acara makan lebih menyenangkan.

Piring tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Selain fungsinya sebagai wadah atau tempat menaruh makanan, teknik menata makanan pada piring atau yang sering disebut plating juga menjadi penting terutama dalam penyajian makanan internasional dan restoran-restoran besar, bahkan di rumah.

Penataan dalam sebuah sajian jamuan makan dirasa penting untuk membuat tampilan makanan lebih menarik dan semakin menggugah selera. Namun apa jadinya jika ENDEUSiast bosan dengan wadah atau piring kaca polos yang itu-itu saja di rumah?

Beberapa wadah di bawah ini bisa ENDEUSiast coba untuk mengganti piring , di antaranya:

1/ Piring dari Daun Pisang

Daun memang telah digunakan sebagai wadah makanan dalam beberapa masyarakat di Indonesia, India ataupun di Negara Asia lainnya. Bisa dipakai untuk memberi sentuhan etnik dan eksotis saat mengadakan pesta perayaan seperti ulang tahun Kemerdekaan, arisan dll.

Sejak dulu, daun pisang dikenal sebagai pembungkus alami untuk makanan tradisional di tanah air kita meski tidak tahan bocor. Daun pisang memberi aroma harum yang khas pada makanan, terutama makanan yang hangat.Cuci daun pisang terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, lalu dilap atau dikeringkan.

2/ Piring dari Daun Jati

Walaupun daun pisang masih menjadi pilihan kebanyakan orang, di beberapa daerah bahkan di India ada yang menggunakan daun jati sebagai wadah makanan setelah daun benar-benar kering dan dibersihkan. Selain ramah lingkungan, wadah ini sangat terjangkau, karena hanya memunguti daun-daun jati yang berguguran.

3/ Piring dari Daun Kelapa/Janur

Piring dari daun kelapa ini sangat cocok untuk dipakai dalam acara-acara perayaan khusus, seperti upacara adat maupun hari Kemerdekaan karena tampilannya yang menarik. Selain bisa dibentuk dengan kreasi bermacam-macam, wadah dari bahan ini lebih kuat daripada daun pisang untuk menaruh sajian kue-kue tradisional.

4/ Piring dari Rotan

Piring berbahan rotan lebih kuat dari piring berbahan daun lainnya. Selain kuat dan tahan lama, rotan juga memiliki nilai estetika tersendiri jika digunakan untuk menyajikan makanan. Harganya pun relatif lebih mahal.

5/ Piring dari Batok Kelapa

Wadah ini cenderung lebih cekung seperti mangkuk. Wadah dari bahan inilah yang bisa digunakan untuk tempat makanan yang berkuah. Selain untuk wadah makanan, banyak juga yang menggunakannya sebagai tempat minum jamu gendong tradisional.

6/ Piring Gerabah

Piring satu ini termasuk piring tradisional yang ramah lingkungan. Gerabah dibuat dari tanah liat yang dibakar. Ada bentuk lain seperti kendi, vas bunga, mangkok pot tanaman, kuali dll.

Bagaimana? ENDEUSiast mau coba yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.