Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sajian seafood dengan cita rasa pedas menjadi sajian favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Simak saja beberapa sajian berikut ini.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang gudangnya seafood. Di Indonesia, seafood banyak diolah menjadi banyak jenis makanan yang lezat. Salah satu masakan seafood yang populer adalah seafood pedas. Berbeda dengan olahan seafood dengan saus, olahan seafood khas Indonesia ini mempunyai ciri khas rasa yang pedas. Selain itu, seafood pedas khas Indonesia ini juga menggunakan bumbu dan rempah asli sehingga aromanya lebih Sedap. Berikut ini beberapa olahan seafood pedas khas Indonesia yang wajib dicoba.

1/ Rendang Lokan

Olahan rendang yang paling populer di Indonesia adalah rendang daging. Makanan yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di restoran Padang. Sedikit berbeda dengan rendang daging, rendang lokan adalah olahan seafood dengan rasa pedas yang juga lezat. Lokan adalah sejenis kerang dengan ukuran yang kecil. Sama dengan rendang pada umumnya, rendang lokan ini juga menggunakan bumbu rendang dan proses pembuatan yang hampir sama. Rasa lokan yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat makanan satu ini semakin menggiurkan.

2/ Cakalang Rica

Rica-rica adalah salah satu bumbu dengan rasa pedas yang berasal dari Manado. Bumbu rica ini biasanya digunakan untuk ayam. Namun di kota asalnya, bumbu rica banyak digunakan untuk memasak ikan cakalang. Untuk cakalang rica, biasanya menggunakan ikan cakalang yang sudah diasap hingga kering. Daging ikan kemudian disuwir-suwir dan dimasak dengan bumbu yang dominan cabai. Cakalang rica ini sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat dan kerupuk.

3/ Gohu Ikan

Gohu ikan adalah sashimi asli Indonesia. Makanan yang satu ini dibuat dari ikan mentah yang dibumbui dan disajikan secara mentah pula. Makanan yang satu ini berasal dari Ternate. Gohu ikan dibuat dari daging ikan tuna atau cakalang mentah yang segar. Irisan daging ini kemudian disiram dengan minyak tumisan bawang merah dan cabai rawit yang panas. Sebelum disajikan, gohu ikan disajikan dengan kucuran jeruk lemon atau nipis dan daun kemangi.

4/ Masam Jaeng

Masam jaeng adalah salah satu olahan seafood khas Aceh. Makanan yang satu ini berasal dari wilayah Takengon, Aceh. Ikan yang digunakan untuk masam jaeng adalah ikan mujair. Ikan kemudian dimasak dengan bumbu bawang merah, kunyit, bawang putih, dan tidak ketinggalan cabai. Masam jaeng ini sekilas memang mirip dengan gulai ikan hanya saja rasanya lebih dominan asam dan pedas.

5/ Brekecek

Brekecek adalah salah satu olahan seafood khas Cilacap, Jawa Tengah. Makanan yang satu ini menggunakan ikan pathak atau jahan dengan kepala ikan laut yang dimasak dengan santan. Masakan yang satu ini mempunyai rasa pedas dan gurih khas rasa seafood.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.