Aneka Olahan Kolang Kaling yang Bisa Bikin Ketagihan
Aneka Olahan Kolang Kaling yang Bisa Bikin Ketagihan

Kolang kaling nggak hanya dijadikan sebagai menu kolak saja, beragam kreasi lainnya juga bisa kita coba. Yang pasti bisa membuat kita ketagihan.

Siapa yang nggak kenal dengan kolang kaling? Buah yang satu ini cukup mudah ditemui di Indonesia terutama pada bulan puasa. Ada banyak penjual kolang kaling yang bisa kita temukan di pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Bukan hanya untuk kolak aja, tapi banyak juga sajian enak yang terbuat dari kolang kaling. Biasanya, para ibu di rumah akan mengolah kolang kaling menjadi kolak atau manisan. Namun, nggak sedikit pula yang masih kekurangan ide sehingga bingung mau diolah seperti apa.

Buah yang memiliki tekstur kenyal ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh loh! Bila disantap pada bulan puasa sudah cukup untuk mengimbangi gizi dan nutrisi selama berpuasa. Udah kebayangkan bagaimana manfaat baiknya kolang kaling? Hal ini karena kolang kaling terdapat kandungan karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh.

Nah, bagi yang tertarik untuk membuat aneka hidangan dari olahan kolang kaling, mungkin beberapa ide kreasi di bawah ini dapat membantu untuk menentukannya.

Nggak ada yang bisa menolak segarnya nanas yang dipadukan dengan kenyal dari kolang kaling. Keduanya menjadi kombinasi sempurna yang bisa disajikan kapan aja. Membuat manisan ini, sebelumnya kolang kaling harus diolah seperti biasa. Untuk menghasilkan warna kuning pada kolang kaling maka bisa menggunakan pewarna makanan.

Buah nanas yang telah dibersihkan dari kulitnya kemudian diolah menjadi jus. Tuang ke dalam gelas atau mangkuk. Setelah itu masukkan kolang kaling satu per satu. Jika masih ada sisa nanas yang utuh maka bisa kamu potong-potong menjadi beberapa bagian.

2. Kolak kolang kaling pisang ubi

Kita tau bahwa kolak menjadi salah satu sajian khas yang selalu ada ketika bulan puasa. isian kolak tidak hanya pisang dan ubi saja, kamu juga bisa menambahkan kolang kaling agar bisa memberikan sensasi berbeda.

Nah yang satu ini nggak perlu nunggu bulan puasa untuk bisa menikmatninya. Membuatnya, kita hanya perlu menyiapkan bahan seperti pisang kepok merah, ubi dan kolang kaling. Untuk kuahnya, gunakan santan instan, gula putih, gula merah, garam, tepung maizena dan daun pandan untuk menghasilkan aroma khas.

3. Setup Pisang kolang kaling dan nanas

Bagi yang ingin santapan hangat, bisa mencoba setup kolang kaling yang diberi tambahan nanas agar rasanya makin lezat. Cara dan bahan pembuatannya sebenarnya hampir sama dengan kolak. Kita membutuhkan pisang kepok yang masih mengkal. Potong menjadi beberapa bagian. Lalu nanas yang telah dipotong, kolang kaling, cengkeh, kayu manis dan air.

Campurkan semua bahan menjadi satu ke dalam panci. Rebus hingga mendidih. Jika sudah matang maka setup pisang kolang kaling nanas ini sudah siap disantap.

4. Es kolang kaling vanila aroma daun pandan

Dari yang hangat, bisa beralih ke sajian es kolang kaling yang satu ini. Aroma wangi daun pandan tentu akan membuat kamu ketagihan. Bahan utama pembuatan es ini adalah kolang kaling dan daun pandan.

Kita bisa menambahkan campuran santan, gula atau sirup sesuai selera. Nggak lupa beri es batu agar bisa merasakan sensasi kesegarannya.

Kreasi es lainnya yang bisa dicoba adalah resep es jagung manis yang bisa dicampur dengan kolang kaling.

Endeustorial

Ikuti Instagram