Olahan ikan adalah salah satu menu yang pas untuk bekal piknik anak. Intip beberapa ide olahan ikan yang bisa ENDEUSiast gunakan untuk bekal piknik.

Ikan adalah salah satu sumber protein dan nutrisi yang sangat baik. Selain itu, ikan juga salah satu sumber makanan yang sangat mudah diolah menjadi berbagai menu. Beberapa orang tidak menyukai olahan ikan sebagai bekal piknik karena aroma amis pada ikan. Meskipun begitu, ENDEUSiast tetap bisa menggunakan olahan ikan untuk bekal piknik anak dengan beberapa menu berikut ini.

1/ Fish and Chips

Fish and chips adalah salah satu olahan ikan yang cukup populer. Untuk membuat fish and chips ini ENDEUSiast perlu fillet ikan putih seperti ikan dori. Potong ikan memanjang atau sesuai selera. Bumbui ikan dengan garam, merica, dan perasan lemon. Kemudian celupkan ikan dalam kocokan telur dan gulingkan dalam tepung roti. Goreng ikan dalam minyak panas hingga matang. Sajikan ikan goreng dengan kentang goreng dan saus secara terpisah.

2/ Nugget Ikan

Selain nugget ayam, nugget ikan juga menjadi salah satu menu favorit untuk bekal piknik anak. Membuat nugget ikan juga sangat mudah, ENDEUSiast perlu menghaluskan fillet ikan menggunakan blender atau food processor. Kemudian tambahkan es batu, tepung tapioca, dan bumbu-bumbu.

Kukus adonan nugget di Loyang hingga matang. Kemudian potong nugget sesuai selera, lalu celupkan nugget ke kocokan telur dan gulingkan dalam tepung roti. Dari langkah ini, nugget ikan bisa langsung dimasukkan ke freezer atau digoreng untuk bekal piknik.

3/ Sate Ikan

Sate ikan adalah salah satu olahan ikan yang disukai anak-anak. ENDEUSiast bisa menggunakan ikan fillet agar mudah dan sudah tidak ada duri. Untuk sate ikan ini, ENDEUSiast bisa menggunakan sate gaya Eropa dengan bumbu minimalis. Tusuk sate dengan diselingi sayuran seperti bawang Bombay dan paprika.

Sebelumnya marinasi daging ikan terlebih dahulu nanti lebih sedap dan berasa. Kemudian bakar sate di atas api hingga matang dan wangi. Kemas sate dalam kotak bekal lengkap dengan tusuknya dan berikan saus secara terpisah.

4/ Perkedel Ikan

Perkedel ikan adalah salah satu cara mengolah ikan untuk bekal piknik anak. Adonan perkedel ikan hampir sama dengan nugget ikan, hanya saja perkedel tidak dikukus terlebih dahulu namun dibentuk menjadi bulat. Setelah itu, perkedel ikan bisa langsung digoreng.

Perkedel ikan ini pasti disukai anak-anak karena teksturnya yang empuk dan rasanya yang lezat. Selain itu, ikan fillet membuat perkedel ini menjadi lebih mudah dimakan karena sudah tidak ada duri yang menempel. Untuk hasil terbaik gunakan ikan yang berdaging putih seperti ikan dori, tenggiri, dan sebagainya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.