Aneka Olahan Durian yang Wajib Coba (Bagian 2)
Aneka Olahan Durian yang Wajib Coba (Bagian 2)

Durian akan selalu lezat jika diolah menjadi penganan apapun. Yang mana olahan durian favoritmu?

Durian memang selalu menjadi primadona bagi pecinta kuliner. Walaupun tak semua menyukainya, namun cobalah mengonsumsi durian dalam bentuk berbeda hingga durian ini tak terasa durian, maka ENDEUSiast yang tadinya tak suka durian akan berubah menjadi penyuka durian. Di bagian pertama telah disebutkan beberapa variasi resep durian yang patut dicoba. Mari lanjutkan membaca ke bagian kedua ya.

1/ Kolak Durian

Kolak memang identik dengan psang, namun ternyata banyak juga yang menggunakan daging durian untuk membuat kolak durian. Hampir sama dengan bubur durian, kolak durian juga dibuat menggunakan daging durian yang dimasukkan ke dalam kuah kolak.

2/ Puding Durian

Durian juga akan membuat rasa puding semakin leat. Tak hanya bisa dicampukan ke dalam adonan puding saja, namun ENDEUSiast juga bisa medmbuat vla durian untuk diruang ke atas puding. Potongan durian yang dimasukkan ke dalam adonan puding juga akan membuat puding memiliki wangi khas dan rasa yang berbeda.

3/ Klapetart Durian

Klapetart sendiri adalah kue khas Manado yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, kelapa, susu, telur, dan mentega yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi penutup sempurna . apalagi jika ditambah dengan campuran daging durian, maka rasa gurih kelapa akan bertambah sempurna.

4/ Pie Durian

Pie memang bukan ue khas dari Indonesia, namun pie saat ini telah sejajar dengan kue-kue lainnya. Biasanya kue pie ini akan diisi dengan keju, cokelat vanilla, dan bahan isian lainnya, namun bagi pecinta durian mengapa ENDEUSiast tidak mencoba untuk mengganti isinya dengan vla durian?

5/ Martabak Durian

Martabak tak hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga dapat dengan mudah ditemukan di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam dengan isian coklat dan kacang. Seriring perkmbangan jaman, isi martabak mulai bervariasi. Salah satunya adalah durian ini.

6/ Es Lilin Durian

Anak 90-an pasti tahu deh dengan penganan yang satu ini. Es lilin banyak dijual dengan banyak varian rasa mulai dari cokelat, strawberr, kopi, kacang hijau. Nah, mengapa ENDEUSiast tidak mencoba membuat es lilin dengan rasa durian?

7/ Serabi Durian

Serabi menjadi kue tradisional khas Indonesia yang dibuat dari beras, tepung terigu, dan santan. Setelah jadi kue serabi akan disajikan bersama kuah gula jawa, namun mengapa ENDEUSiast tidak mencoba menyiramnya dengan kuah durian yang manis?

8/ Jus dan Milkshake

Jus tomat, apel, strawberry, mangga mungkin sudah menjadi menu yang biasa disajikan di kafe, namun mengapa ENDEUSiast tidak mencoba untukmengolah durian menjadi jus? Tambahkan susu kental manis untuk membuat rasanya semakin mantap. Tak hanya jus, namun durian juga bisa diolah menjadi milkshake. www.createnplate.com

Selain resep masakan diatas, masih ada lagi inspirasi resep masakan durian, seperti Pancake Durian Kenduren dan Es Cendol Durian

Endeustorial

Ikuti Instagram