Aneka Olahan Durian Yang Wajib Coba (Bagian 1)
Aneka Olahan Durian Yang Wajib Coba (Bagian 1)

Durian adalah salah satu buah yang wajib untuk dicicipi

Walaupun banyak yang tak suka dengan si raja buah ini, durian yang telah diolah ini tentu akan memiliki rasa dan harum yang telah berbeda.

Durian, siapa yang tak kenal dengan si raja buah ini. Buah dengan kulit berduri ini ternyata penuh kontroversi, karena durian sendiri memiliki rasa yang sulit hilang dengan bau menyengat. Inilah yang membuat buah durian banyak juga yang anti dan tak mau mengonsumsinya.

Di indonesia sendii banyak sekali jenis durian yang ditawarkan, bahkan Indonesia sendiri merupakan negara pemilik jenis durian terbanyak di dunia. Melimpahnya buah durian inilah yang membuat banyak sekali masyarakat Indonesia yang membuat olahan dari durian ini agar tak monoton. Apa saja olahan favorit durian keluarga Indonesia?

1/ Pancake Durian

Pancake durian adalah penganan yang hits dan ngetrend. Penganan ini dibuat dengan membuat kulit crepes dahulu, lalu durian diolah menjadi vla yang nantinya akan diisi ke kulit crepes ini. Nah, bagi ENDEUSiast yang tidak suka mengkonsumsi durian secara langsung, pancake durian bisa dijadikan salah satu solusi lain cara menikmati durian.

Walaupun penganan ini diprakarsai oleh warga Medan, namun saat ini sudah banyak pancake durian yang dijual di toko-toko daerah lainnya.

Intip Resep Pancake Durian

2/ Ketan Durian

Olahan durian yang telah ada sejak jaman dahuu ini memang selalu menjadi idola. Memang tidak diketahui pasti siapa yang memprakarsai penganan ini, namun biasanya makanan ini ditemukan di rumah-rumah warga Sumatera.

Ketan durian sendiri adalah penganan ketan yang disiram kuah santan beraroma durian, vla durian, hingga durian utuh. Ketan durian sendiri saat ini telah memiliki beragam variasi resep dari berbagai daerah, namun tetap rasa ketan yang gurih dengan manisnya durian akan membuat lidah bergoyang.

Intip Resep Ketan Duren

3/ Sop Durian

Sop memang biasanya identik dengan sayuran dan buah. Salah satunya adalah buah durian ini. Minuman durian ini memang banyak ditemukan pada restoran bintang lima, kafe, hingga pedagang kaki lima dengan harga terjangkau

4/ Es Krim Durian

Es krim tak pernah salah. Siapapun pasti suka es krim. Menikmati durian dalam bentuk es krim pasti memberikan sensasi yang berbeda. Aroma durian ditambah legitnya susu pada es krim tentu memberikan sensasi tersendiri.

5/ Bubur Durian

Tak hanya bubur ayam saja, namun saat ini sudah muncul resep bubur durian. Bubur durian biasanya dimasak bersama kacang hjau. Pertama kacang hijau akan dimasak dahulu seperti biasanya, lalu daging durian akan dimasukkan ke dalam bubur durian ini. Bisa dinikmati panas atau dingin.

6/ Bolu Durian

Kue bolu selalu menjadi sajian yang disenangi banyak orang. Dengan tabahan daging durian pada adonan bolu, tentu rasa kue bolu akan semakin membuat banyak orang ketagihan. Sangat cocok disajikan bersama minuman hangat.

Endeustorial

Ikuti Instagram