Nasi merupakan makanan pokok Indonesia. Ada banyak jenis nasi khas Indonesia dengan ciri khasnya tersendiri.

Nasi merupakan makanan pokok Indonesia yang wajib ada di setiap menu makanan baik sarapan, makan siang ataupun makan malam. Di Indonesia, nasi menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak varian dengan ciri khasnya tersendiri dan penyajiannya yang berbeda-beda.

Sudah cukup banyak hidangan olahan nasi yang terkenal hingga ke mancanegara salah satunya adalah nasi goreng. Hidangan ini merupakan jenis olahan nasi yang dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu dan ditambah isian mulai dari daging ayam, sapi hingga seafood. Selain nasi goreng, terdapat beragam olahan nasi yang patut ENDEUSiast coba. Apa saja itu? Mari kita lihat daftarnya di bawah ini.

1/ Nasi Kuning

Salah satu jenis olahan nasi khas Indonesia yang paling mudah ditemukan adalah nasi kuning. Untuk membuat nasi kuning pun terbilang cukup mudah. Maka tidak heran bila ENDEUSiast bisa menemukan nasi ini hampir di seluruh daerah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, nasi kuning memiliki warna yang kuning. Warna tersebut didapat dari kunyit yang direbus bersamaan dengan beras dan campuran lainnya seperti santan dan rempah-rempah. Buat ENDEUSiast yang tertarik untuk membuat nasi kuning, bisa melihat resepnya di sini .

2/ Nasi Padang

Nasi padang merupakan jenis olahan nasi yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Ciri khas dari nasi ini adalah kuah santannya ditambah dengan rasanya yang sangat pedas. untuk menambah rasa nikmat dari nasi padang, biasanya juga ditambahkan beberapa lauk yang beragam seperti rendang, ayam bakar, gulai hingga ikan. Dalam penyajiannya pun tidak kalah unik. Pramusaji akan menumpuk beberapa piring nasi padang beserta lauknya dengan menggunakan satu lengan yang siap disajikan ke pengunjung.

3/ Nasi Uduk

Di Jakarta sendiri juga memiliki jenis makanan yang menggunakan olahan nasi, namanya adalah nasi uduk. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Jakarta dan hingga kini masih banyak digemari oleh masyarakat. Nasi uduk dimasak dengan cara dikukus menggunakan santan dan ditambah dengan rempah-rempah seperti jahe, merica, pala dan kayu manis. Untuk menciptakan aroma yang wangi maka ditambahkan pula daun pandan pada beras yang dikukus. Nasi uduk akan lebih nikmat bila disantap dengan ayam, daging, tempe, tahu goreng atau telur dadar tidak lupa taburan bawang goreng.

Nah, itulah 3 daftar makanan dari olahan nasi yang patut ENDEUSiast coba. Ketiga jenis nasi tersebut cukup mudah ditemukan di setiap daerah. Jadi ENDEUSiast tidak perlu khawatir untuk bisa mencicipinya. Menyantap 3 jenis varian nasi tersebut akan lebih nikmat bila ditambah sambal. Tertarik mencobanya? Semoga suka ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.