Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Nasi kuning menjadi salah satu simbol ucapan syukur di Indonesia. Tahukah ENDEUSiast, daerah mana saja yang terkenal dengan nasi kuningnya?

Perayaan hari Kemerdekaan ataupun hari perayaan lainnya selalu melibatkan peran kuliner di dalamnya. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, peran kuliner dilibatkan tidak hanya untuk dinikmati tapi juga sebagai bentuk atau wujud ucapan syukur. Mereka biasanya membuat hidangan nasi kuning berbentuk tumpeng.

Nasi kuning tumpeng dibentuk menyerupai gunungan emas, merupakan simbol harapan agar dilimpahi berkah, kekayaan, dan moral yang luhur. Berbagai macam lauk biasanya terdiri dari olahan hasil laut (ikan, udang), darat (ayam, sapi), dan pertanian (urap,sayur lalapan). Namun nasi kuning juga biasanya dinikmati sebagai sarapan pagi di beberapa daerah.

Tak hanya di Jawa, hidangan ini juga ada di daerah Gorontalo, Manado, Makassar, dan lain sebagainya. Racikan dan lauk pauknya disesuaikan dengan daerah khas masing-masing.

Beberapa ragam nasi kuning tersebut yaitu:

1/ Nasi Kuning Manado

Penggunaan ikan cakalang menjadi ciri khas nasi kuning Manado sebagai lauknya. Dan juga dilengkapi dengan kering ubi yang disebut bete, bihun, semur daging, telur rebus dan taburan bawang merah goreng. Nasi kuning beserta lauknya dibungkus menggunakan daun woka atau daun lontar yang menjadikan aroma nasi kuning semakin harum.

Nasi kuning kerap jadi menu sarapan di Manado. Nasi kuning khas Manado ini dimasak dengan berbagai bumbu seperti serai, daun pandan, daun jeruk hingga kunyit dan tentunya ditambah dengan santan.

2/ Nasi Kuning Jawa

Nasi kuning juga sangat populer di Jawa. Biasanya disajikan dengan lauk opor ayam, bakmi goreng, tempe kering, perkedel dan telur. Nasi kuning Jawa juga dimasak dengan santan dan berbagai bumbu sehingga rasanya jadi lebih gurih dan tekstur nasinya lebih pulen.

3/ Nasi Kuning Gorontalo

Nasi kuning Gorontalo berwarna kuning terang dengan aroma harum rempah yang menggugah selera.Nasi kuning Gorontalo dihidangkan di atas wadah piring dari anyaman lidi. Lauknya juga berbeda dengan nasi kuning Jawa yang cenderung kering. Masyarakat Gorontalo menyajikan nasi kuning dengan semangkuk sup berisi soun, ayam suwir dan telur rebus atau irisan telur dadar. Lalu ditaburi abon dan bawang goreng.

4/ Nasi Kuning Banjar

Nasi kuning Banjar menjadi menu sarapan khas masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Nasi kuning di sini biasa disajikan dengan lauk berbumbu merah. Lauknya biasa berupa ayam, ikan maupun telur.

5/ Nasi Kuning Makassar

Nasi kuning di Makassar terkenal dengan beraneka macam lauk seperti telur pindang, paru goreng, sayur labu siam, sayur nangka, kentang kering dan juga abon.

Apakah ENDEUSiast sudah mencicipi semuanya? Memang sangat cocok untuk dijadikan pilihan menu sarapan pagi ENDEUSiast bersama keluarga di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.