Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Masakan Indonesia tidak hanya nasi di beberapa daerah bahkan ada yang menggunakan jagung sebagai makanan pokoknya

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Setiap hari apapun menu makanannya tetaplah menggunakan nasi. Indonesia memiliki banyak keragaman kuliner yang menjadikan di beberapa daerah tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya. Masih ada banyak bahan pengganti nasi salah satunya adalah jagung.

Indonesia masuk dalam urutan ke 8 di dunia sebagai penghasil jagung terbanyak. Di beberapa daerah di Indonesia, jagung justru menjadi menu sehari-hari pengganti nasi dan bisa juga diolah menjadi aneka masakan yang lezat. Di bawah ini ada beberapa masakan Indonesia khas lokal berbahan dasar jagung yang perlu ENDEUSiast ketahui.

1/ Lepet Jagung

Lepet merupakan masakan Indonesia yang terbuat dari bahan dasar beras ketan dan dicampurkan dengan kacang-kacangan atau ENDEUSiast juga bisa menggantinya dengan yang lain. Nah untuk yang satu ini, bahan dasar dari lepet ini menggunakan jagung makanya diberi nama lepet jagung.

Makanan yang biasa menjadi camilan ini berasal dari beberapa kota di Jawa Timur khususnya di Gresik. Pada umumnya lepet menggunakan daun kelapa sebagai bungkusnya namun karena yang satu ini menggunakan jagung maka sebagai bungkusnya menggunakan kulit jagung baru setelah itu dikukus hingga matang.

2/ Katumbu Gola

Masakan yang berbahan dasar jagung ini berasal dari Kabupaten Muna Barat Sulawesi Tenggara tepatnya di Pulau Muna. Katumbu gula ini merupakan makanan yang menggunakan bahan campuran gula putih, gula merah dan garam. Untuk membuat katumbu gola ini menggunakan jagung yang masih muda alias segar. Jadi biasanya masyarakat sekitar akan menunggu ketika panen jagung terlebih dahulu baru bisa memasak katumbu gola. Untuk memasaknya pun cukup mudah, ENDEUSiast hanya perlu mencampurkan semua bahan lalu haluskan dan kemudian kukus hingga matang.

3/ Binte Biluhuta

Binte biluhuta merupakan makanan yang berbahan dasar jagung manis yang dimasak bersama dengan udang. Masakan lokal ini berasal dari daerah Gorontalo. Binte biluhuta dalam bahasa Gorontalo memiliki arti jagung yang disiram menggunakan kuah. Sesuai dengan namanya, jagung ini memang dimasak dengan cara disiram menggunakan kuah lalu campurkan dengan bahan mie juga. Binte biluhuta juga bisa disebut dengan sup jagung . Sup ini terdiri dari 3 rasa khas yaitu rasa manis, rasa pedas yang terdiri dari campuran jagung serta udang yang kemudian diberikan bumbu pedas dan ada juga rasa asam. ENDEUSiast bisa memilih salah satu diantaranya sesuai dengan selera tersendiri.

Itulah beberapa masakan Indonesia khas lokal yang menggunakan bahan dasar jagung dalam menu makanannya. Diantara ketiga masakan tersebut manakah yang sudah pernah ENDEUSiast coba?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya