Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Berbagai sajian ikan nusantara dari berbagai daerah bisa ENDEUSiast coba karena rasanya yang enak dan lezat.

Ikan sudah menjadi salah satu sumber pangan di Indonesia karena memang sebagian besar Indonesia terdiri dari perairan. Tak heran hasil ikan di Indonesia pun melimpah ruah. Sehingga masyarakat Indonesia sebagian besar mengkonsumsi ikan tiap harinya, bahkan pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan budaya makan ikan.

Tiap daerah di Indonesia memiliki sajian ikan dengan bumbu khas masing-masing. Tentu saja rasanya enak dan lezat. Berikut beberapa masakan ikan Nusantara lainnya yang perlu ENDEUSiast tahu :

1/ Bandeng Presto

Bandeng presto adalah makanan khas Semarang. Bandeng tanpa duri yang dimasak dengan panci tekanan tinggi ini, sangat cocok dinikmati dengan nasi putih dan sambal.

2/ Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin adalah masakan yang digemari di masyarakat Jambi. Gulai ini lain dari yang lain karena dimasak dengan menggunakan tempoyak, yaitu daging buah durian yang telah difermentasi serta bumbu-bumbu lainnya. Tetapi ada juga yang memilih mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa menyengat.

3/ Gohu Ikan

Sajian ikan ini merupakan salah satu masakan khas Ternate adalah gohu ikan yang dibuat dari ikan tuna mentah yang dicampur dengan cabe rawit serta bumbu lainnya.

4/ Otak-Otak Khas Kepulauan Riau

Otak-otak sangat populer di Kepulauan Riau. Bahan-bahannya terdiri dari ikan tenggiri, tepung sagu serta bumbu-bumbu, dibungkus dengan daun kelapa dan kemudian dibakar dengan bara api.

5/ Pempek

Pempek atau biasa disebut dengan empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Ikan yang biasa digunakan untuk menu ini adalah ikan tenggiri. Hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

6/ Palumara

Sajian Palumara atau ikan pindang ini adalah khas Makassar. Mirip sup ikan tapi dengan kuah berwarna cenderung kuning dan bertekstur ringan. Pallu mara biasa memakai ikan tenggiri atau bandeng yang dimasak dengan bumbu kuning, asam jawa, cabai, dan irisan tomat.

7/  Pesmol Ikan

Memasak Pesmol bisa menggunakan nila, ikan mas, gurame, dan bandeng. Ikan digoreng setengah matang dulu, lalu dimasak dalam bumbu kuning hingga meresap sempurna. Masakan ini sangat khas bagi masyarakat Sunda.

8/ Mangut Lele

Sajian ikan yang satu ini pasti tak asing lagi di daerah Jawa Tengah atau Yogyakarta. Mangut adalah masakan perpaduan antara santan, bumbu kuning, dan bumbu merah. dengan bahan dasar ikan lele atau jenis ikan lain seperti pari, patin, tongkol, dan nila. Sebelum dimasak, ikan ini diasap atau digoreng setengah matang terlebih dulu.

Masih banyak jenis sajian ikan lainya dari Sabang sampai Merauke. ENDEUSiast sudah coba yang mana?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.