Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu dasar yang berwarna merah dikenal dengan rasanya yang pedas. Warna merah didapat dari cabai yang diolah sesuai dengan masakan yang dibuat.

Untuk membuat bumbu dasar berwarna merah diperlukan cabai sebagai bahan utamanya. Selain cabai, ditambahkan juga beberapa bahan lainnya seperti garam, gula, bawang putih hingga merica sebagai penyedapnya. Untuk menciptakan aroma yang khas dan kuat, tidak jarang juga ada yang menambahkan terasi, udang ebi, kencur, jahe, hingga aneka daun aromatik sehingga bumbu semakin lezat.

Sesuai dengan namanya, bumbu ini berwarna merah, sehingga apapun masakan yang menggunakan bumbu ini tentu akan mengikuti warnanya. Masih banyak aneka masakan yang menggunakan bumbu merah, walau terkadang warnanya samar. Kira-kira apa saja ya? Lihat daftarnya di bawah ini.

1/ Asam Padeh

Jenis masakan yang menggunakan bumbu merah ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Tidak hanya menggunakan bumbu merah saja, hidangan ini juga ditambahkan asam sehingga ada perpaduan rasa antara pedas dan asam. Hidangan berkuah ini menggunakan bahan utama daging ikan. ENDEUSiast bisa menggunakan jenis ikan apapun seperti patin, tuna maupun tongkol.

Untuk membuatnya, siapkan bumbu merahnya terlebih dahulu, lalu tumis hingga muncul aroma harum. Tambahkan rempah-rempah aromatik seperti jahe, serai daun salam dan daun jeruk agar rasanya semakin lezat. Tidak lupa untuk memasukkan bahan asam untuk menciptakan rasa asam pada masakan tersebut. Masukkan ikan yang telah dipotong lalu masak hingga matang dan bumbu terserap sempurna ke dalam daging ikan.

2/ Balado

Bagi ENDEUSiast si pecinta pedas pasti sudah hafal dengan hidangan yang menggunakan kata ‘balado’. Sudah pasti rasanya pedas, karena menggunakan bumbu merah. Hampir semua warung makan khas Indonesia menyediakan menu balado.

Balado bisa diolah menjadi jenis masakan apapun seperti misal terong petai balado . Cara memasaknya pun terbilang mudah, ENDEUSiast hanya perlu menumis bumbu merah hingga harum, lalu masukkan bahan-bahan yang hendak dimasak bersama dengan bumbu tersebut. Lebih enak lagi disantap dengan sepiring nasi putih yang masih mengebul.

3/ Rica-Rica

Masakan pedas yang satu ini asalnya dari Manado. Rica-rica sendiri diambil dari bahasa Manado, Rica yang artinya pedas. bahan yang biasa digunakan untuk membuat rica-rica diantaranya ikan, daging sapi, daging ayam atau daging bebek. Untuk membuat rica-rica, bumbu merah diulek tetapi tidak sampai halus, biarkan sedikit kasar karena itulah ciri khas dari rica-rica.

Bagi penggemar pedas pasti sudah tidak sabar ya untuk memakannya? jangan lupa untuk memilih cabai yang berkualitas ya agar hasil masakannya lezat. Selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.