Aneka Masakan Daging Praktis ala Nusantara
Aneka Masakan Daging Praktis ala Nusantara

Berikut ini aneka masakan daging ala nusantara yang praktis dibuat.

Berikut ini aneka masakan daging ala nusantara yang praktis dibuat.

Masakan daging memang banyak digemari termasuk di Indonesia. Makanan yang satu ini adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Salah satu kendala ketika memasak daging adalah proses yang memasak yang panjang dan cenderung rumit. Misalnya rendang daging yang membutuhkan waktu paling tidak 5 jam pemasakan. Namun, tidak semua menu masakan daging membutuhkan waktu yang lama dan proses yang rumit. Berikut ini beberapa menu masakan serba daging khas nusantara yang praktis.

1.

Soto

Soto adalah salah satu olahan daging yang sangat mudah dibuat. Makanan yang satu ini sangat praktis dari segi pembuatan dan penyajian. Kunci kelezatan soto daging adalah kuah kaldu, bumbu, dan juga daging yang empuk. ENDEUSiast bisa menggunakan kaldu dari daging atau tulang yang sudah direbus dalam waktu lama.

Bumbu yang digunakan harus ditumis hingga benar-benar matang agar tidak ada aroma bumbu atau rempah yang mentah. Rebus daging dalam waktu yang lama agar teksturnya benar-benar empuk dan bumbu meresap ke dalam daging.

1.

Semur

Semur adalah salah satu makanan olahan daging yang populer di Indonesia. Membuat semur ini sangat mudah dan tidak membutuhkan terlalu banyak bumbu. Gunakan kecap manis dalam jumlah yang cukup banyak agar warnanya bisa hitam mengkilap. Bila suka, ENDEUSiast juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis, bunga lawang, dan sebagainya. Untuk semur sebaiknya pilih daging bagian daging yang tidak keras seperti daging has dalam.

1.

Empal daging

Salah satu olahan daging yang juga mudah dibuat adalah empal daging. Makanan yang satu ini dibuat dari daging sapi yang diungkep dengan bumbu. Daging terlebih dahulu diiris tipis dan melebar. Setelah diungkep, daging kemudian dipukul-pukul ringan agar teksturnya empuk. Goreng daging hingga sedikit kering dan empal daging siap disajikan. Empal daging ini bisa disajikan dengan sambal hijau yang pedas.

1.

Sup daging

Selain soto, sup daging adalah salah satu olahan daging yang juga mudah dibuat. Bumbu yang digunakan untuk membuat sup daging ini lebih sederhana daripada soto dan kuahnya juga bening dan segar. ENDEUSiast bisa menambahkan sayuran seperti wortel, brokoli, ataupun kacang-kacangan sebagai pelengkap sup daging.

1.

Krengsengan

Salah satu olahan daging yang juga praktis dibuat adalah krengsengan. Sekilas, krengsengan ini memmpunyai tampilan yang mirip dengan semur karena warnanya sama-sama hitam. Namun perbedaannya adalah krengsengan mempunyai rasa yang pedas. Beberapa orang menambahkan petis udang ke dalam krengsengan agar rasanya semakin gurih. Selain itu, daging yang biasanya digunakan untuk krengsengan adalah daging kambing, namun ENDEUSiast juga bisa menggunakan daging sapi sebagai alternatifnya.

Endeustorial

Ikuti Instagram