Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Banyak mengkonsumsi sayur dan buah memang terbukti bisa membuat tubuh kita menjadi sehat. Salah satunya diolah dengan menjadi sajian salad yang lezat.

Untuk hidup sehat itu tidak menyulitkan bila ENDEUSiast rajin mengkonsumsi sayur dan buah. Nah, biasanya untuk buah lebih enak diolah menjadi jus yang segar sedangkan untuk sayur lebih lezat disajikan menjadi salad sayur. Sajian ini dianggap lebih praktis karena ENDEUSiast tidak perlu ribet untuk mengolah dan memasaknya, bahkan dengan cara seperti ini dianggap lebih bisa menjaga nutrisi pada sayurannya.

Umumnya, salad dikonsumsi sebagai pengganti makan malam. Tetapi sebelum membuat salad, setidaknya ENDEUSiast harus tau bahwa tidak semua jenis sayur bisa dijadikan bahan untuk salad. Lalu jenis sayur apa saja yang cocok? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Selada

Bisa dikatakan jenis sayur yang satu ini menjadi bahan yang wajib ada disetiap salad. Meskipun sayur ini nampak sederhana tetapi nutrisinya tidak bisa diragukan lagi. Jenis selada yang banyak ENDEUSiast temui di pasaran biasanya adalah green leaf.

Tetapi, selain itu ada juga jenis lainnya seperti sawi putih, romaine lettuce, iceberg lettuce hingga kale. Untuk membuat salad dari bahan selada ENDEUSiast tidak perlu repot untuk mengolahnya sehingga lebih praktis. Untuk disajikan menjadi salad, ENDEUSiast hanya perlu mencucinya secara bersih menggunakan air matang.

2/ Buncis

Selain selada, ada juga buncis yang sering dijadikan bahan pendamping dalam isian salad. Warnanya yang hijau serta rasanya yang manis memang sangat tepat untuk dimasukkan dalam sajian salad.

Pertama-tama cuci bersih buncisnya lalu buang seratnya dengan cara potong ujungnya tetapi jangan sampai lepas, lalu tarik seratnya hingga kebawah. Lakukan juga dengan sisi buncis satunya agar seratnya hilang semuanya. Jika serat sudah dibuang, potong buncis dengan posisi memanjang lalu setelah itu rebus di air mendidih. Setelah matang, tiriskan dan sajikan bersama dengan selada.

3/ Wortel

Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Maka tidak heran bila wortel banyak dijadikan sebagai bahan isian pada salad. Pilihlah jenis wortel yang masih muda karena tidak keras. Setelah itu potong menjadi bentuk dadu atau korek api, sesuai dengan selera. Rebus wortel sebentar saja agar tidak lembek dan nutrisinya tetap terjaga. Warna orange cerah pada wortel bisa mempercantik tampilan dari salad sayur.

Bila ENDEUSiast ingin varian salad lainnya, bisa coba tamarillo salad. Bahan yang digunakan tetaplah sayur selada namun ditambah dengan aneka buah yang bisa menambahkan rasa nikmat pada salad tersebut. Tertarik untuk membuatnya sendiri? Selamat mencoba di rumah ya, semoga bisa menyehatkan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.