Aneka Jenis Bumbu Saus Steik, Mana Favoritmu?
Aneka Jenis Bumbu Saus Steik, Mana Favoritmu?

Aneka Jenis Bumbu Saus Steik, Mana Favoritmu?

Steik tanpa bumbu tentu terasa hambar, diperlukan tambahan saus untuk memberikan kelezatan pada steik

steik merupakan jenis hidangan yang bahan utamanya menggunakan aneka daging seperti daging sapi, ayam hingga ikan. Proses memasaknya dilakukan dengan cara dipanggang hingga mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan. Untuk steik memiliki tingkat kematangan yang berbeda-beda, ada yang rare, medium, medium well dan well done. D

steik yang ada di Indonesia biasanya menggunakan tingkat kematangan medium dan medium well karena dianggap sudah cukup matang tetapi masih terasa tekstur yang juicy. Menyantap steik rasanya tidak lengkap bila tanpa saus karena dibutuhkan untuk memberikan cita rasa khas pada steiknya. Dari sekian banyak saus steik yang ada, beberapa diantaranya sering dipakai di Indonesia. Apa saja jenis sausnya? Mari ENDEUSiast lihat di bawah ini.

1/ Saus Blackpepper

Suka dengan rasa steik yang pedas? maka pilihlah steik yang dibumbui dengan saus blackpepper. Saus ini terbuat dari bahan lada hitam, kecap inggris, kecap asin, garam, bawang bombay, bawang putih, saus tomat dan mentega. Sejak dahulu saus blackpepper sudah dikenal oleh bangsa Eropa. Inilah yang kini menjadi saus pedas ENDEUSiastlan pada steik ala Indonesia.

2/ Saus BBQ

Selain blackpepper, jenis saus BBQ juga menjadi favorit bagi pecinta steik di Indonesia. Bahan yang digunakan untuk membuat saus BBQ terdiri dari gula, garam, liquid smoke, pasta/saus tomat, lada dan vinegar. Bagi yang belum tau, vinegar merupakan salah satu bahan masakan yang mengandung cuka dan air. Jadi nanti saus BBQ nya akan terasa percampuran sedikit asam, manis dan pedas yang diperoleh dari bahan lada tadi. Saus BBQ sangat cocok digunakan untuk steik yang memiliki tingkat kematangan medium atau medium well karena teksturnya masih terasa juicy walau hampir sebagian dagingnya sudah matang.

3/ Saus Sambal Matah

Ingin saus yang berbeda dari lainnya? Cobalah untuk menggunakan bumbu khas Indonesia yaitu saus sambal matah. Jenis bumbu steik yang satu ini juga terbilang sangat populer karena rasanya yang sangat pedas bila dibanding dengan bumbu saus steik pedas lainnya. Saus sambal matah sangat cocok untuk orang Indonesia, mengingat kebanyakan sangat menyukai pedas dari sambal. Bahan untuk membuat saus steik sambal matah terdiri dari irisan cabai merah, bawang merah, daun jeruk yang diiris tipis, sereh, gula, garam, terasi sedikit, air perasan jeruk nipis dan terakhir minyak goreng panas sedikit saja.

Apakah ENDEUSiast tergoda untuk mencicipi saus steik di atas? Varian saus steik lainnya yang bisa ENDEUSiast coba adalah steak with spicy chocolate sauce . Selamat mencobanya.

Endeustorial

Ikuti Instagram