Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Daging ikan kerap diolah sebagai sajian fish cake. Beberapa negara Asia pun memiliki kreasi fish cake populernya masing-masing. Apa saja?

Olahan ikan yang dicampur dengan tepung atau fish cake adalah salah satu makanan populer terutama di negara-negara Asia. Fish cake atau kue ikan ini banyak disajikan sebagai camilan ataupun pelengkap makanan lain. Meskipun secara umum merupakan satu keluarga sebagai fish cake dengan bahan dasar ikan, namun beberapa negara mempunyai cara pengolahan dan penyajian fish cake yang unik. Berikut ini beberapa olahan ikan atau fish cake yang populer di negara Asia.

1/ Pempek

Pempek adalah salah satu olahan ikan yang populer di Indonesia. Makanan yang satu ini banyak disukai karena rasanya yang lezat. Pempek dibuat dengan bahan dasar ikan dan tepung kanji dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Sebelum disajikan pempek yang sudah direbus kemudian digoreng. Pempek ini biasanya disajikan dengan kuah cuko dengan citarasa asin, pedas, manis, dan asam.

2/ Eomuk

Di Korea Selatan ada salah satu olahan ikan yang juga populer karena sering kali muncul dalam serial drama. Eomuk adalah fish cake dari Korea Selatan yang biasanya dijual di kedai pinggir jalan atau street food . Bakso ikan khas Korea Selatan ini berbentuk lembaran yang disajikan dengan cara ditusuk dengan tusuk sate. Eomuk biasanya disajikan dengan cara direbus dengan kuah kaldu atau dikenal dengan eomukguk. Selain itu, eomuk juga bisa digunakan sebagai bahan campuran tteokpokki , budae jjigae dan makanan-makanan lain.

3/ Kamaboko

Kamaboko adalah salah satu makanan olahan ikan yang populer di Jepang. Makanan yang satu ini dibuat dari ikan yang sudah dihaluskan dan kemudian dicetak pada cetakan kayu serta dikukus hingga matang. Agar kamaboko terlihat lebih menarik biasanya ditambahkan pewarna makanan dan dicetak dengan pola-pola tertentu. Kamaboko ini biasanya dimakan secara langsung ataupun dijadikan makanan pendamping untuk udon, ramen, dan soba.

4/ Cha ca cien

Dari Vietnam ada salah satu makanan olahan ikan yang unik. Cha ca cien adalah fish cake yang populer di Vietnam dengan bentuk pipih. Makanan yang satu ini dibuat dari ikan yang sudah dihaluskan dan dibentuk pipih kemudian digoreng hingga matang. Cha ca cien ini biasa dimakan sebagai snack atau dinikmati dengan mie kuah.

5/ Tod mun pla

Di Thailand ada satu olahan ikan atau fish cake yang populer yaitu tod mun pla . Makanan yang satu ini dibuat dari ikan yang sudah dibumbui dengan bumbu kari merah ala Thailand sehingga rasanya pedas dengan aroma bumbu yang kuat. Makanan yang satu ini bisa ditemukan di kedai makanan pinggir jalan atau street food .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.