Aneka Bumbu Saus BBQ Bisa Digunakan Untuk Segala Hidangan
Aneka Bumbu Saus BBQ Bisa Digunakan Untuk Segala Hidangan

Bumbu BBQ sering digunakan pada masakan Indonesia dengan konsep barat. Bumbu saus BBQ juga tersedia berbagai macam sesuai dengan kebutuhan masakannya.

Untuk masakan Indonesia yang menggunakan konsep barat biasanya memakai beragam saus sebagai pelengkap dalam masakannya seperti salah satunya adalah saus BBQ. Jenis saus yang satu ini cukup populer untuk masakan bergaya barat dengan cita rasa khas Indonesia.

Saus BBQ seperti ini tidak harus selalu disajikan dengan makanan yang diproses dengan cara dibakar. ENDEUSiast juga bisa menggunakannya untuk masakan lainnya seperti gorengan, saus pasta maupun pizza.

Tahukah ENDEUSiast bahwa saus BBQ tidak hanya 1 jenis tapi ada beberapa varian lainnya yang bisa ENDEUSiast tiru dirumah. Apa saja itu? Mari lihat daftar selengkapnya di sini.

1/ Saus BBQ ala Korea

Bagi ENDEUSiast penyuka kuliner dari negeri ginseng ini maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat saus BBQ ala Korea yang satu ini. Bahan utama yang dibutuhkan antara lain kecap asin dan gochujang. Bagi yang belum tau, gochujang adalah pasta cabai khas Korea yang bahan utamanya menggunakan bubuk cabai yang telah melewati proses fermentasi dan beras ketan. Ciri khas dari bumbu korea ini adalah warnanya yang merah tetapi untuk rasa seperti ada perpaduan rasa manis dan pedas.

Gochujang menjadi salah satu bumbu wajib di setiap masakan Korea, maka untuk saus BBQ ala Korea juga harus menggunakan bumbu gochujang agar rasanya sesuai dengan saus yang ada di Korea.

2/ Saus BBQ ala Richeese

Di Indonesia ada restoran ayam yang terkenal dengan rasa pedasnya yang ditentukan berdasarkan level yaitu Richeese. Ciri khas dari menu restoran tersebut adalah penggunaan saus yang dilumuri secara menyeluruh di daging ayamnya.

Apakah ENDEUSiast menyukai saus BBQ ala richeese dengan rasa pedas yang menggelegar di lidah? Tenang, ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan utama yang perlu ENDEUSiast gunakan adalah bubuk cabai. Itulah yang menjadi kunci utama agar saus BBQ ala richeese buatanmu terasa sensasi pedasnya. Untuk membuat resep BBQ ayam ENDEUSiast bisa lihat di sini. Nanti setelah itu bisa ENDEUSiast tambahkan sausnya agar semakin lezat.

3/ Saus BBQ Pedas

Bagi ENDEUSiast yang suka pedas maka bisa mengkreasikan saus BBQ dengan cita rasanya yang pedas. Bahan yang ENDEUSiast butuhkan hanya cabai, tentukan saja seberapa banyak cabai yang mau dipakai disesuaikan dengan selera. Jika tidak ingin terlalu pedas, bisa juga menggunakan paprika bubuk karena rasa pedasnya masih terbilang ringan bila dibanding dengan cabai.

Demikianlah beberapa aneka bumbu saus BBQ yang bisa ENDEUSiast coba di rumah dan ciptakanlah masakan yang lezat.

Endeustorial

Ikuti Instagram