Kita baru saja merayakan hari bumi. Demi menjaga bumi agar lebih sehat lagi, ada gerakan yang disebut “Say no plastic straw.”

Sedotan plastik belakangan ini sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa orang. Karena alasan untuk menjaga bumi dan lingkungan. Seperti yang kita tau, kalau plastik itu sangat susah dan butuh waktu yang lama sekali untuk terurai dengan tanah.

Bahkan belakangan ini ramai diperbincangkan di media sosial kalau ada yang menemukan plastik pembungkus mie instan yang sudah berumur 19 tahun. Terbukti kalau plastik memang bahan yang tidak ramah untuk lingkungan.

Karenanya banyak yang udah mulai meninggalkan apapun yang berbahan plastik dan beralih ke bahan lain yang ramah lingkungan. Ada juga beberapa orang yang berbelanja di supermarket atau pasar membawa tas sendiri.

Di artikel kali ini Endeus ingin memberikan alternatif lain pengganti sedotan plastik untuk lingkungan yang lebih baik lagi. Apa aja? Yuk simak selengkapnya.

1. Stainless

Sedotan stainless memang yang sedang populer belakangan ini. Bisa dibilang ini merupakan pilihan pertama sebagai pengganti sedotan plastik. Karena bahannya stainless menjadikan sedotan ini mudah untuk dicuci. Bahkan di setiap pembeliannya terdapat juga sikatnya untuk memudahkan mencucinya.

Sekarang ini sedotan stainless udah memiliki warna yang cukup beragam. Bukan hanya berwarna silver , tetapi sekarang juga udah ada sedotan warna hitam, gold, dan lain sebagainya. Selain itu, ukurannya pun ada yang besar diperuntukan bagi yang ingin meminum bubble tea dan sejenisnya.

2. Sedotan karet silikon

Sedotan yang berbahan karet silikon memiliki warna yang lebih beragam dibandingkan dengan sedotan yang berbahan stainless. Selain itu yang menjadi nilai lebih dari sedotan ini adalah mudah dalam menyimpannya karena bisa dilipat. Berbeda dengan sedotan berbahan stainless yang kaku.

Bagi yang suka dengan warna-warna pastel nan lucu, sedotan ini bisa banget dijadikan pilihan yang akan kamu bawa kemanapun.

3. Sedotan bambu

Sedotan berbahan bambu emang masih terbilang baru sebagai pengganti sedotan plastik. Lain dari sedotan stainless, yang satu ini memilih bambu sebagai bahan utamanya. Sama seperti yang berbahan stainless, yang berbahan bambu ini juga tidak bisa dilipat. Akan sedikit memakan tempat untuk menyimpannya.

4. Sedotan kertas

Berbeda dari yang dibahas di atas untuk konsumer, sedotan yang satu ini biasanya dimiliki oleh si empunya restoran atau kafe. Terbuat dari kertas yang materialnya cukup keras. Jadi nggak begitu mudah rusak ketika terkena air.

Tapi lama kelamaan sedotan ini juga akan rusak. Perlu diperhatikan ketika membeli minuman kemudian disediakan sedotan dari kertas, untuk jangan terlalu lama menikmatinya. Karena takut sedotannya akan rusak.

5. Sedotan dari bahan Polylactic Acid

Sama seperti sedotan kertas, yang satu ini juga biasa dipakai oleh restoran atau kafe untuk konsumennya. Tekstur sedotan ini seperti sedotan plastik yang biasa kita temui. Tetapi perbedaannya yang satu ini bisa terurai oleh alam dengan cepat. Bisa dibilang lebih ramah lingkungan. Yang membedakan sedotan ini biasanya terdapat tulisan #IamNotPlastic untuk membedakan dengan sedotan plastik yang biasa.

6. Sedotan Lipat

Mau punya sedotan stainless yang mudah dalam menyimpan dan membawanya? Ini solusinya. Karena sedotan yang satu ini bisa dilipat meski terbuat dari stainless steel. Karena di dalamnya terdapat sedotan berbahan karet yang dilapisi dengan bahan stainless yang terbagi jadi empat.

Di tiap bagian tersebut memungkinkan kita untuk melipatnya, jadi nggak ribet ketika ingin membawanya. Sebuah perpaduan yang menarik untuk kita yang nggak suka membawa barang besar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.