Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Penyedap masakan tidak hanya MSG lho. Ini alternatif penyedap masakan lainnya.

Hampir semua orang pasti pernah menggunakan penyedap makanan. Penyedap makanan yang biasa digunakan adalah MSG. Monosodium glutamate atau MSG ini membuat masakan menjadi lebih gurih dan rasanya berbeda. Di Indonesia, MSG lebih dikenal sebagai vetsin atau micin dan dijual dengan harga yang murah. Beberapa tahun terakhir, ada kontroversi mengenai penggunaan MSG dalam masakan karena dianggap tidak sehat dan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa menjadi pengganti penyedap masakan atau MSG.

1/ Garam

Garam laut bisa menjadi salah satu pengganti MSG karena mempunyai rasa yang lebih lezat dibanding dengan garam meja biasa. Perbedaan kedua jenis garam ini adalah dari kandungan natrium dan kalium iodida yang sudah ditambahkan pada garam meja. Garam laut diproses secara alami dan dan mengandung kalium yang alami pula.

Selain garam laut, garam laut buatan juga bisa menjadi alternatif pengganti MSG. Garam jenis ini adalah garam sintetis yang terbuat dari kalium klorida atau KCl. Senyawa ini biasanya ditemukan dalam daging, roti, dan keju yang memberikan rasa alami. Karena garam ini adalah garam sintetis, sebaiknya tetap bijak dalam mengkonsumsinya.

2/ Rempah-Rempah

Rempah-rempah juga bisa menjadi salah satu alternatif pengganti penyedap rasa. Rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, ketumbar, dan sebagainya bisa meningkatkan rasa sedap dalam masakan. Namun sebaiknya gunakan rempah-rempah yang alami dan bukan dalam bentuk kemasan siap pakai. Kalau menggunakan bumbu rempah-rempah dalam kemasan siap pakai, ENDEUSiast perlu mengecek daftar komposisi bahan apakah mengandung MSG atau tidak.

3/ Konsentrat Susu

Konsentrat susu seperti krim, keju, dan mentega adalah bahan alami yang bisa meningkatkan rasa masakan selain menggunakan MSG. Kandungan lemak dalam susu bisa membuat masakan lebih lezat meski tidak menggunakan penyedap rasa. Konsentrat susu ini biasanya banyak digunakan dalam masakan India seperti kare . Hal ini karena rasa susu bisa menutupi rasa kurang sedap pada masakan.

4/ Tomat

Tomat mengandung glutamate, yaitu sejenis MSG alami yang bisa meningkatkan rasa masakan. Selain itu, tomat mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehingga lebih bagus digunakan daripada MSG. Tomat bisa digunakan dalam berbagai macam masakan seperti tumis, sup, stew, dan sebagainya.

5/ Kedelai

Selain tomat, kedelai juga menjadi salah satu penyedap rasa yang alami pengganti MSG. Masakan Cina, Jepang, dan Korea biasanya menambahkan kedelai dan olahannya seperti fermentasi kedelai untuk membuat rasa masakan menjadi lebih lezat, Untuk masakan Indonesia, ENDEUSiast bisa menambahkan tempe atau tauco dalam masakan.

6/ Jamur

Jamur mengandung protein yang tinggi sehingga mempunyai rasa sedap alami yang bisa menggantikan MSG. Selain itu, jamur juga mengandung MSG Alami yang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.