Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ganti penggunaan santan dengan bahan berikut untuk sajian es pisang ijo yang lebih sehat

Indonesia negara yang kaya akan budaya, termasuk juga makanan. Jika ENDEUSiast mengunjungi Makassar, maka jangan lupa untuk mencicipi hidangan es pisang ijo yang sangat melegenda. Kudapan ini dibuat dari pisang kukus yang di luarnya dibungkus dengan kulit dadar hijau yang nantinya akan disajikan besama kuah kental yang dibuat berbahan dasar santan dengan sirup sebagai sentuhan akhirnya.

Ada tiga jenis pisang yang dapat digunakan untuk membuat es pisang ijo ini, mulai dari pisang ambon, raja, dan kepok yang telah matang. Pisang ini lalu akan dibalut dengan kulit dadar yang dibuat dari tepung beras, santan, dan air daun pandan. Selanjutnya akan diberi tambahan bubur sum sum dan sirup merah sebagai pelengkapnya.

Dlihat dri pembuatannya, kudapan ini nampanya memang kaya akan santan. Bagi ENDEUSiast yang sangat mejaga kesehatan hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri, karena santan mengandung lemak jahat yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Belum lagi gula dari sirup dan kuah santannya.

Untuk menyiasati santan, sebenarnya ENDEUSiast bisa mengganti santan dengan bahan lain yang serupa, namun tentu saja rasa yang dihasilkan nantinya akan berbeda. Tapi kudapan ini justru menjadi lebih sehat. Lalu apa saja bahan pengganti santan yang bisa digunakan?

Susu

Ada berbagai jenis susu yang dapat digunakan untuk pengganti santan. ENDEUSiast bisa menggunakan susu low fat untuk mendapatkan kandungan lemak yang rendah. Namun, saat memasak susu sebaiknya perhatikan beberapa hal, karena susu adalah bahan yang mudah rusak saat dimasak dalam suhu tinggi.

Susu Kedelai

Susu kedelai juga merupakan bahan pengganti yang ccocok bagi ENDEUSiast yang bermasalah dengan inteloranso lakstosa. Anda bisa menggunakan susu kedelai ini untuk membuat kuah es pisang ijo yang lebih sehat. Selain itu, susu kedelai jugabisa digunakan untuk pembuatan puding atau masakan lainnya.

Kemiri dan Kacang-Kacangan yang Halus

Bahan yang satu ini mungkin saja selalu ada di dapur, yakni kemiri. Kemiri dan kacang-kacangan lainnya terbukti mampu memberikan rasa masakan dengan tekstur yang lebih gurih dan creamy. Kemiri memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Salah satu trik nya untuk menghasillkan tekstur kuah yang lebih kental dan creamy, sangrai dahulu kemiri dan kacang-kacangan yang akan dihaluskan, sehingga aromanya akan lebih kuat.

Tak semua jenis kacang bisa digunakan lho. ENDEUSiast bisa mendapatkan kuah yang kental dan creamy dengan kacang mete, kacang almond, dan sebagainya. Yuk coba resep santan seperti Pare Isi Kuah Santan dan Bebek Betutu Kuah Santan .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.